top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

2 Jurus Ganjar Bawa RI Menjauh dari Jurang Middle Income Trap Jika Jadi Presidenk

Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo berbicara strategi Indonesia keluar dari middle income trap atau jebakan negara berpendapatan menengah jika terpilih jadi presiden. Menurut Ganjar Indonesia perlu memanfaatkan bonus demografi dan produktivitas sumber daya manusia (SDM).

Terkait ini mantan Gubernur Jawa Tengah ini menyebut ada dua hal yang perlu dilakukan. Pertama menyiapkan SDM lewat akses kesehatan dan pendidikan yang harus mudah.


"Sebenarnya hari ini yang dilakukan adalah, satu kita punya kesempatan dengan bonus demografi yang tinggi, ini masyarakat produktifnya banyak. Maka ada dua hal pertama menyiapkan SDM-nya dari kesehatan dan pendidikan aksesnya harus gampang," ujarnya di Mandarin Oriental, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Kedua adalah optimalisasi ekonomi dalam kurun waktu 10-13 tahun ke depan yang harus terus dikebut. Ganjar menyebut sudah menyiapkan tim untuk melakukan hal ini.


"Kedua biar tidak terjebak middle income trap maka optimalisasi potensi ekonomi dengan waktu kurang lebih 10-13 tahun maka kita mesti gas pol, mesti cepat. Kita tidak bisa urut kacang dan perlahan-lahan. Maka seluruh kekuatan kita siapkan maka tim saya sedang menyiapkan seluruh kerja-kerja teknokratisnya. Kalau bahasanya Jokowi waktu itu kalau sudah dilantik langsung saja gaspol," bebernya.


Ia juga menyoroti sektor pangan yang harus berdaulat dan punya daya tahan. Kemudian perlunya melakukan transisi energi serta kemudahan akses ke pendidikan dan kesehatan.


Ganjar juga menyinggung soal perlunya kenaikan anggaran untuk mengoptimalkan itu. Ia percaya diri banyak pihak yang mampu mewujudkan rencana tersebut.


"Dan salah satunya adalah pangan yang harus berdaulat dan tahan. Kedua kita bicara transisi energi. Ketiga ini gandengan antara pendidikan dan kesehatan yang aksesnya mesti bersama-sama. Dan itu bisa dilakukan kalau itu tadi, anggaran kita jangan segini dong, mesti bisa naik musti bisa optimal. Dan saya haqqul yakin banyak di antar kita mampu melakukan itu," pungkasnya.


Sumber : Finance.detik

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Yorumlar


Post: Blog2_Post
bottom of page