top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

2 Perusahaan Mundur Lawan Anies di Pengadilan, Ini Fakta-faktanya | PT Rifan Finacindo

PT Rifan Finacindo - Pengusaha mendapatkan tekanan dalam menggugat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Gugatan dilatarbelakangi Keputusan Gubernur Nomor 1395 Tahun 2021 tentang Upah Minimum Provinsi tahun 2022 tanggal 19 November 2021. SK tersebut menetapkan upah minimum Jakarta naik 0,85%.

Kemudian Anies merevisi SK 1935 dengan mengeluarkan SK 1517 tertanggal 16 Desember sehingga UMP naik sebesar 5,1% di 2022. Pengusaha meminta penetapan UMP dikembalikan ke SK 1935 karena menilai revisi yang dilakukan Anies menyalahi aturan.


detikcom merangkum informasi terkini mengenai gugatan pengusaha terhadap Anies Baswedan, yaitu sebagai berikut:


1. Dua Perusahaan Mundur


Dewan Pimpinan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPP Apindo DKI Jakarta) menyatakan ada 2 perusahaan yang mencabut gugatannya lantaran mendapatkan tekanan.



"Semula ada 2 perusahaan yang ikut andil, tapi di tengah-tengah dia menarik kembali karena ada sesuatu dan lain hal," kata Wakil Ketua DPP Apindo DKI Jakarta Nurjaman kepada detikcom menanggapi soal gugatan ke Anies Baswedan, Rabu (9/2/2022).


Dia menjelaskan pengusaha mendapatkan tekanan dari pemerintah maupun serikat pekerja. Alhasil kini Apindo DKI Jakarta berjuang sendiri di meja hijau.


"Tekanan itu baik dari pemerintah maupun dari teman-teman serikat pekerja. Jadi mereka mencari selamat saja, ya nggak apa-apa gitu, toh itu juga hanya melengkapi kemarin bahwa kami tidak sendirian," tuturnya.


2. Apindo Tetap Lanjutkan Gugatan


Meski begitu, Apindo sendiri merupakan wadah para pengusaha. Jadi pihaknya tetap membawa aspirasi para pengusaha dalam melakukan gugatan ke PTUN.


Tujuan gugatannya adalah meminta dibatalkannya UMP yang mengacu pada Surat Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 1517 Tahun 2021 tentang Upah Minimum Provinsi tahun 2022 tanggal 16 Desember 2021. Nurjaman memastikan pihaknya akan terus maju menjalani proses gugatan kepada Anies Baswedan di PTUN.



"Tetap maju karena kita kan bukan masalah besar kecilnya (UMP) yang dinaikkan, tapi kami kepada kebijakan, prosesnya, dan mekanismenya, benar nggak? seusai aturan nggak? makanya kami ke PTUN karena (penetapan UMP DKI) tidak sesuai aturan. Kalau kami menerima itu berarti kami menerima yang salah. Sudah tahu mana yang benar masa kita ikut yang salah," tambahnya.


3. Baru Tahap Pemeriksaan Persiapan


Dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PTUN Jakarta, status perkara masih dalam tahap pemeriksaan persiapan yang dilaksanakan pada Rabu, 26 Januari 2022. Kemudian pada 2 Februari 2022 dilaksanakan agenda perbaikan gugatan penggugat.


"Pertama persiapan pemeriksaan takutnya ada kesalahan gitu kan, dikasih waktu untuk perbaikan, sudah beres," kata Nurjaman.


Pada agenda 2 Februari, dia menjelaskan tergugat sudah dipanggil. Hadir memenuhi panggilan tersebut adalah perwakilan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


"Tergugat sudah dipanggil kemarin ada di tanggal 2, diwakilkan, kalau nggak salah Biro Hukum. Tapi mereka juga belum kasih surat kuasa kemarin. Jadi mungkin Rabu pemeriksaan dari tergugat untuk administrasinya," jelasnya.




Sumber : finance.detik PT Rifan Finacindo



0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page