top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

6 Langkah Membersihkan TV LED

Membersihkan televisi alias TV tak bisa sembarangan. Apalagi, kalau TV itu adalah TV LED atau LCD.

TV merupakan salah satu benda yang sering ada di dalam rumah. Bahkan, terkadang pada tiap kamar memiliki TV juga.


Ternyata, TV juga perlu dibersihkan lho detikers! Sebab, debu-debu kerap menempel pada layar televisi atau TV.


Adapun, saat ini ada beberapa jenis layar televisi, seperti liquid-crystal display (LCD), light-emitting diode (LED), quantum-dot light-emitting diode (QLED), organic light-emitting dde (OLED), atau plasma. Lantas, bagaimana cara membersihkannya?


Sebenarnya, untuk membersihkan TV dari berbagai jenis layar tersebut sama saja. Dikutip dari Architectural Digest, Kamis (5/10/2023), berikut ini cara membersihkan TV.


1. Baca Buku Manual Televisi

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membaca buku manual televisi yang biasa didapatkan saat membelinya. Di dalamnya ada beberapa produk pembersih yang tidak direkomendasikan untuk digunakan saat membersihkan televisi.


2. Matikan dan Cabut Kabel Televisi

Sebelum mulai membersihkan, kamu harus mematikan dan mencabut kabel televisi terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah kemungkinan adanya sengatan listrik.


3. Bersihkan Kotoran

Ketika membersihkan televisi, jangan gunakan tisu atau kertas yang kasar karena bisa membuat layar televisi menjadi baret. Gunakan antistatis lap microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata atau lensa kamera. Pastikan lap yang digunakan bersih dari debu dan kotoran.


Bersihkan televisi dengan lembut dan secara memutar. Pastikan juga tidak menekan layar televisi ketika membersihkannya.


"Kamu mungkin melihat bintik-bintik di layar, tetapi selama kamu menekannya dengan lembut, hal ini hanya bersifat sementara. Semakin keras kamu menekan layar, semakin tinggi kemungkinan kristal cair terbakar, yang dapat menyebabkan kerusakan permanen," kata Wes Williams dari Best Buy di Tampa, dikutip dari Architectural Digest.


4. Gunakan Lap Basah Jika Ada Noda Membandel

Jika ada noda membandel di TV kamu, gunakan lap basah untuk membersihkannya. Namun, lap yang digunakan jangan terlalu basah. Selain itu, jangan semprotkan cairan pembersih atau air ke layar TV karena bisa merusak layarnya.


"Semprotkan cairan pembersih ke lap microfiber dan gunakan lap tersebut untuk membersihkan layar secara lembut," tutur Williams.


Jika kamu membersihkan dengan cairan pembersih, pastikan TV tetap mati selama 30 menit setelah dibersihkan. Hal ini agar layar TV benar-benar kering.


5. Jangan Lupa Bersihkan 'Lubang Udara' pada TV

Lubang udara pada TV membuat TV tetap dingin dan dapat bekerja dengan baik. Kamu bisa membersihkannya dengan kemoceng atau dengan sikat yang halus. Bersihkan setidaknya sebulan sekali.


6. Bersihkan Bagian Colokan pada TV

Untuk membersihkan lubang colokan pada TV, kamu bisa menyemprotkan udara bertekanan tinggi atau kemoceng elektrik. Semprotkan udara dari luar supaya debu biar keluar dan bersihkan dengan lap microfiber yang kering.


Itulah 6 langkah membersihkan TV LED. Semoga bermanfaat!


Sumber : detik

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page