top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

7 Alasan Harga Bitcoin Selalu Bergerak | PT rifan financindo

pt rifan financindo -Berbicara cryptocurrency (kripto) maka tak akan lepas dengan resiko yang harus dihadapinya. Hal ini karena pergerakan nilai yang selalu fluktuatif. Untuk itulah ketika ingin berinvestasi atau trading harus mengetahui penyebab pergerakan tersebut.

Harga Bitcoin selalu mengalami pergerakan nilai aset dalam hitungan detik, menit, jam, harian, bahkan mingguan. Jika saat ini Bitcoin bisa naik tinggi maka dalam hitungan hari harga Bitcoin juga bisa anjlok. Namun, perubahan tidak selalu buruk bisa jadi mendatangkan peluang keuntungan.


Volatilitas dan imbal hasil dapat dianalisis menggunakan rasio Sharpe yang mengukur pengembalian yang disesuaikan dengan risiko. Rasio Sharpe adalah hasil membagi pengembalian aset dengan risiko/volatilitasnya selama periode HODL empat tahun.


Rasio Sharpe Bitcoin secara konsisten lebih tinggi daripada aset lainnya. Ini adalah salah satu metrik keuangan favorit investor Wall Street yang mendukung klien Bitcoin mereka. Lantas kenapa harga Bitcoin fluktuatif.


Dilansir dari berbagai sumber, berikut 6 Alasan kenapa harga bitcoin mengalami pergerakan, diantaranya adalah:


1. Ketidakpastian nilai Bitcoin


Volatilitas Bitcoin juga sebagian besar disebabkan oleh konsep nilai yang berbeda dalam cryptocurrency sebagai penyimpan nilai dan metode transfer nilai. Penyimpan nilai adalah fungsi dari properti yang mungkin berguna di masa depan pada proyeksi tertentu.


Sedangkan proses transfer nilai adalah segala sesuatu atau konsep yang digunakan untuk memindahkan barang berupa harta kekayaan dari satu pihak ke pihak lain. Volatilitas harga Bitcoin saat ini menjadikannya penyimpan nilai yang tidak pasti, tetapi menjanjikan untuk memberikan nilai yang hampir tak terbatas. Alhasil, nilai bitcoin bisa berubah tergantung berita, seperti halnya uang fiat.


2. Berita buruk mempengaruhi pergerakan pasar


Berita kondisi perekonomian dunia sangat berpengaruh dengan pergerakan pasar. Peristiwa yang terjadi bisa membuat takut pengguna Bitcoin, termasuk didalamnya terkait geopolitik dan klaim bahwa pemerintah akan mengatur Bitcoin.


Pengadopsi awal Bitcoin termasuk beberapa oknum tidak bertanggung jawab menciptakan berita utama yang memicu ketakutan di kalangan investor. Cerita Bitcoin negatif selama dekade terakhir didalam terdapat berita kebangkrutan Mt. Gox pada awal 2014 dan pertukaran Korea Selatan menutup Yapian Youbit.


Berita lain yang mengejutkan para investor adalah penggunaan Bitcoin untuk menjual obat-obatan melalui Silk Road yang diakhiri dengan penutupan FBI pada Oktober 2013. Faktanya, salah satu berita terbaru yang memecahkan Bitcoin adalah usulan pajak Bitcoin, seperti yang disebutkan dalam artikel ini.


Semua peristiwa ini dan kepanikan publik yang diakibatkannya dapat menyebabkan nilai Bitcoin turun dengan cepat. Namun, investor pro-Bitcoin melihat peristiwa ini sebagai bukti bahwa pasar berkembang dan dapat mendorong nilai Bitcoin kembali dalam waktu dekat.


3. Masalah Keamanan Menyebabkan Fluktuasi Harga Bitcoin


Harga Bitcoin juga bisa terjun bebas kertitika sebuah komunitas crypto dapat mengungkap kelemahan keamanan di Bitcoin. Oleh karena itu, pengembang Bitcoin harus mengungkapkan masalah keamanan kepada publik untuk mendapatkan solusi yang kuat. Dan tentu saja, untuk mencegah investor memperdagangkan Bitcoin.


4. Opini publik tentang Bitcoin


Salah satu alasan mengapa harga Bitcoin berfluktuasi dalam kaitannya dengan mata uang fiat adalah persepsinya sebagai penyimpan nilai. Bitcoin memiliki sifat yang membuatnya terlihat seperti emas. Ini dikendalikan oleh aturan pencipta yang membatasi produksi hanya 21 juta Bitcoin.


Karena itu, sifatnya sangat berbeda dengan uang fiat yang dikontrol ketat oleh pemerintah. Uang Fiat digunakan untuk menjaga agar biaya tetap rendah, pekerjaan tetap tinggi, dan pertumbuhan melalui investasi dalam sumber daya keuangan.


5. Pemegang akun jumbo di pertukaran Bitcoin


Perubahan harga Bitcoin juga sangat dipengaruhi oleh mereka yang memegang sebagian besar total Bitcoin yang beredar. Untuk investor Bitcoin yang saat ini memiliki lebih dari 10 juta dolar AS, pasti dapat mengubah situasi sebesar itu yang pasti dapat menggerakan pasar.


Sehingga mereka yang memiliki modal besar atau paus dapat membuat gelombang hanya dengan mengibaskan ekornya. Kamu dapat membaca bagaimana paus mengontrol harga Bitcoin pada beberapa pemberitaan.


Dalam hal ini, Bitcoin belum mampu mencapai tingkat penerimaan pangsa pasar yang diperlukan untuk memberikan nilai opsi bagi mereka yang memiliki jumlah dolar yang besar. Oleh karena itu, pergerakan para trader, sang raja aset crypto, harus benar-benar diwaspadai oleh para penggiat crypto.


6. Undang-undang perpajakan membuat harga Bitcoin berfluktuasi


Di Amerika Serikat, menurut Internal Revenue Service (IRS), Bitcoin dianggap berharga untuk keperluan pajak. Ini memiliki efek campuran pada perubahan harga Bitcoin. Sisi baiknya, setiap pernyataan menegaskan bahwa Bitcoin memiliki efek positif pada harga pasar keuangan.


Sebaliknya, keputusan IRS untuk menyebutnya aset setidaknya memiliki dua efek negatif. Yang pertama adalah menambah kerumitan bagi pengguna yang ingin menggunakannya sebagai metode pembayaran. Di bawah undang-undang perpajakan yang baru, karyawan harus mencatat nilai pasar uang selama setiap transaksi, sekecil apa pun.


Kedua, keputusan untuk menyebut uang sebagai kelas aset untuk tujuan pajak mungkin merupakan sinyal bagi beberapa pelaku pasar bahwa IRS sedang bersiap untuk memberlakukan aturan yang lebih keras di masa depan.


Peraturan keuangan yang ketat dapat memperlambat laju adopsi mata uang ke titik di mana mata uang tersebut tidak dapat mencapai tingkat adopsi yang diperlukan untuk keuntungan keseluruhannya bagi masyarakat.


7. Negara dengan inflasi tinggi dan Bitcoin


Penggunaan bitcoin sebagai mata uang negara berkembang, terutama yang sedang mengalami inflasi tinggi, berguna ketika mempertimbangkan nilai tukar bitcoin dan ekonomi negara-negara tersebut relatif terhadap dolar AS.


Bitcoin lebih tidak stabil terhadap dolar AS dari pada peso Argentina yang lebih tinggi. Namun, transfer Bitcoin yang hampir tanpa batas membuatnya menjadi alat pinjaman yang sangat baik untuk orang Argentina. Hal ini disebabkan tingginya biaya pinjaman dalam peso.


Demikian pula, peminjam di luar Argentina dapat memperoleh pengembalian yang lebih tinggi dengan program ini dibandingkan dengan instrumen utang lainnya. Misalnya, program pinjaman dalam mata uang negara mereka, yang dapat membuat mereka terpapar risiko eksposur ke pasar Argentina yang memiliki suku bunga tinggi.


Itulah 7 alasan kenapa mata uang crypto selalu mengalami pergerakan nilai, termasuk di dalamnya harga bitcoin. Meski demikian pergerakan demikian juga menciptakan resiko kerugian juga keuntungan yang besar.


Untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja, dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia.


Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor baru dan kasual.


Saat ini PINTU telah memiliki 120 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif, dan edukatif, seperti Pintu Earn, Referral System, PTU Stalking dan Pintu Kelas Academy.



Sumber : Finance.detik

pt rifan financindo

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page