top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

8 Amalan Menyambut Ramadhan dan Doa yang Dibaca | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo -- Hanya tinggal hitungan hari Ramadhan 2023 akan segera tiba. Sebelum bulan suci tersebut tiba ada beberapa amalan yang bisa untuk kita lakukan serta doa untuk menyambutnya.

Seperti yang kita tahu bahwa bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa pintu surga akan dibuka dan pintu neraka akan ditutup pada bulan ini. Bahkan, setan akan dibelenggu. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,



Artinya: "Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan." (HR Ahmad)


Amalan Menyambut Bulan Ramadhan

Merangkum dari detikHikmah berikut sejumlah amalan menyambut Ramadhan yang dapat dilakukan oleh umat Islam.


1. Membayar Utang Puasa Ramadhan Tahun Lalu

Membayar utang puasa yang telah berlalu adalah persiapan yang paling penting dan wajib dilakukan dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Terlebih bagi wanita yang biasanya berhalangan puasa karena masa haid.


Utang puasa dapat diganti sepanjang tahun hingga bulan Syaban. Untuk itu, hendaklah melunasi utang puasa sebelum berakhirnya bulan Syaban.


2. Memperbanyak Puasa Sunnah pada Bulan Syaban

Sebulan sebelum Ramadhan yaitu pada bulan Syaban, Rasulullah SAW banyak melakukan puasa di waktu ini. Imam Baihaqi menjelaskan dalam bukunya yang berjudul Waktu-waktu Penuh Berkah: Khazanah Islam Klasik, dikatakan bahwa Rasulullah SAW berpuasa hampir sebulan penuh di bulan Syaban.


Abu Salamah RA menceritakan: "Aku bertanya kepada Aisyah RA tentang puasa Rasulullah SAW. Ia menjawab, 'Rasulullah SAW berpuasa sampai-sampai kami berkata, Beliau benar-benar berpuasa dan beliau juga tidak berbuka sampai-sampai kami berkata, Beliau benar-benar telah berbuka. Dan aku tidak pernah melihat Beliau berpuasa pada bulan Syaban. Yakni, Beliau SAW berpuasa pada bulan tersebut hampir semuanya (sebulan penuh)." (HR Muslim, Nasa'i, dan Ahmad)


Mengenai puasa tersebut, Imam Syafi'i menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW berpuasa (hampir) sebulan penuh pada bulan Syaban, yakni hanya beberapa hari saja beliau tidak berpuasa.


3. Memperbanyak Membaca Al-Qur'an

Menjelang Ramadhan kita juga dapat melakukan amalan lain misalnya saja memperbanyak dan belajar membaca Al-Qur'an. Dalam Kitab Lathoiful Ma'arif Ii Ibni Rojab, disebutkan bahwa Amru bin Qois Al Mala-i ketika memasuki bulan Syaban, beliau menutup tokonya lalu memfokuskan diri untuk membaca Al-Qur'an.


4. Membekali Diri dengan Ilmu-ilmu tentang Puasa Ramadhan

Umat Islam dapat membekali dirinya dengan ilmu-ilmu yang berkaitan tentang puasa Ramadhan. Beberapa di antaranya adalah masalah hukum, tata cara, dan berbagai aturan syariat yang berkaitan dengan puasa.


Selain itu, dapat pula mempelajari tentang keutamaan-keutamaan di bulan Ramadhan dan cara untuk mendapatkannya sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW.


5. Berdoa agar Dipertemukan dengan Bulan Ramadhan

Amalan lainnya adalah memperbanyak doa agar dapat berjumpa dengan bulan Ramadhan. Disebutkan dalam buku Amalan di Bulan Ramadhan karya Mardiyah, diriwayatkan oleh sebagian ulama salaf, mereka berdoa kepada Allah SWT selama enam bulan menjelang Ramadan dan lima bulan setelahnya agar amalannya diterima. Berdoa ini juga menjadi salah satu bentuk pengharapan seorang hamba agar dapat berjumpa dengan bulan penuh keberkahan supaya bisa banyak beramal di bulan tersebut.


6. Menata Niat

Sebagai umat Islam kita juga dapat mempersiapkan niat dan kondisi hati dengan bergembira menyambut datangnya Ramadhan. Ini merupakan konsekuensi yang logis apabila telah mengetahui kemuliaan dan berlimpahnya ampunan Allah pada bulan suci ini.


7. Melakukan Rukyatul Hilal Jika Mampu dan Memiliki Ilmunya

Hal lain yang dapat dilakukan adalah melihat hilal untuk memastikan masuknya bulan Ramadhan, khususnya bagi orang yang mampu dan memiliki ilmunya. Pengamatan hilal dapat dilakukan pada sore hari tanggal 29 Syaban sampai matahari terbenam dengan sempurna.


Apabila hilal belum terlihat, maka jumlah hari bulan Syaban digenapkan menjadi 30.


8. Ziarah Kubur

Amalan lain yang bisa dilakukan menjelang Ramadhan adalah ziarah kubur. Namun, menurut penelusuran detikHikmah, ziarah kubur menjelang Ramadhan merupakan tradisi masyarakat dan bukan anjuran agama.


Hal itu dikatakan M. Quraish Shihab dalam bukunya yang berjudul M. Quraish Shihab Menjawab 1001 soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui.


Rasulullah SAW memperbolehkan ziarah kubur, namun beliau tidak menyebut waktu-waktu khusus dalam pelaksanaannya. Terdapat sejumlah hadits yang menjadi dasar pelaksanaan ziarah kubur. Rasulullah SAW bersabda,


Artinya: "Aku melarang kalian berziarah kubur, tetapi sekarang silahkan ziarah kubur." Dalam riwayat lain: Barang siapa yang hendak ziarah kubur silahkan, karena ziarah kubur dapat mengingatkan akan akhirat" (HR Muslim)


Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Mengutip buku Buku Pintar Doa dan Zikir Rasulullah karya Abdullah Zaedan berikut bacaan doa menyambut Ramadhan:



Arab latin: Allahumma sallimni li ramadhaana wa sallim lii ramadhaana wa tasallamhu minni mutaqobbalan


artinya: "Ya Allah, selamatkanlah aku untuk bulan Ramadhan dan selamatkanlah bulan Ramadhan untukku, serta selamatkanlah Ramadhan dariku demi amal ibadah yang diterima." (HR Thabrani dan al-Dailami)


Sumber : news.detik

PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Commentaires


Post: Blog2_Post
bottom of page