top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Ada Mitos 'Sell In May and Go Away' di Balik IHSG Anjlok, Apa Itu? | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo -Di pasar saham ada pepatah 'Sell In May And Go Away' yang digunakan oleh investor ketika akan memutuskan lanjut investasi atau menjual pada bulan Mei.

Analis menilai jika pepatah ini sedang terjadi di bursa saham. Sudah dua hari indeks harga saham gabungan (IHSG) masuk ke zona merah dan menjauh dari level 7.000an.


Bahkan indeks juga diprediksi bisa berada di bawah 6.900 dan bisa menyentuh level terendah 6.500. Analis Edwin Sebayang mengungkapkan IHSG memang tertekan dengan aksi jual yang terus terusan terjadi.



"Mitos 'Sell In May And Go Away' nampaknya terjadi di tahun ini, setelah Senin IHSG terjungkal cukup tajam, Selasa ini awan mendung tekanan jual di Bursa Indonesia diperkirakan masih berlangsung membuat IHSG diperkirakan akan turun dibawah level 6900 menyusul kembali tajamnya kejatuhan Indeks di Wall Street di hari Senin dimana Indeks DJIA turun nyaris -2% sementara Indeks saham berbasis teknologi Nasdaq jatuh lebih tajam sebesar -4,3%," kata dia dalam risetnya.


Edwin mengungkapkan, perkiraan tekanan jual di Bursa Indonesia ini diperparah dengan runtuhnya harga beberapa komoditas seperti WTI Crude Oil yang minus 7,47%, emas minus 1,58%, batu bara minus 1,35%, CPO minus 0,57% dan nikel yang minus hingga 7,9%.



Ekonom dan Praktisi Pasar Modal Lucky Bayu Purnomo mengungkapkan mitos tersebut terjadi, meskipun saat ini masih awal Mei. Dia memprediksi kondisi terburuk bisa selesai pada akhir Mei.


Lucky mengungkapkan, jika indeks menuju level 6500 maka kondisi Sell In May And Go Away bisa selesai. "Lebih cepat indeks menuju 6500 maka itu selesai, karena sudah menguji kondisi pasar," jelas dia.


Karena itu, jika indeks sudah tembus level 6500 maka, investor bisa mulai menyiapkan uang dan masuk lagi ke pasar. Namun memang juga harus waspada dan jangan terburu-buru.


Sell In May And Go Away sendiri merupakan sebutan yang umum di telinga pelaku pasar modal. Kalimat itu merupakan sebutan untuk kondisi pada momen tertentu dalam hal ini bulan Mei, ketika pasar saham turun. Sebutan itu juga merujuk pada aktivitas kebanyakan pelaku pasar yang cenderung melakukan aksi jual untuk menghindari kerugian.


Dia menambahkan mitos Sell In May And Go Away ini terjadi karena secara periodik ada beberapa indikator yang terjadi bersamaan pada bulan Mei. Seperti pengumuman pertumbuhan ekonomi dan laporan-laporan lainnya.



Sumber : Finance.detik

PT Rifan Financindo

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comentários


Post: Blog2_Post
bottom of page