top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Amankah Mengonsumsi Suplemen Saat Masa Kehamilan | PT Rifan Financindo





PT Rifan Financindo - Masa kehamilan merupakan masa krusial bagi Bunda. Sebab, Bunda harus memastikan kesehatan untuk dua jiwa sekaligus, baik itu kesehatan Bunda sendiri maupun janin. Maka saat hamil, Bunda dianjurkan mengonsumsi nutrisi tambahan selain asupan sehari-hari.

Biasanya, nutrisi tambahan itu bisa didapat dengan mudah dan lebih praktis melalui konsumsi suplemen. Namun amankah mengonsumsi suplemen bagi ibu hamil?

Multivitamin atau suplemen sebenarnya aman bagi ibu hamil, asalkan mengandung nutrisi esensial untuk perkembangan bayi dalam 1.000 hari pertama kehidupan. Pasalnya, 1.000 hari pertama kehidupan merupakan periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin hingga anak berusia dua tahun.

Nutrisi esensial yang diperlukan untuk perkembangan bayi tersebut antara lain asam folat, yodium, zat besi, odourless fish oil, betakaroten alami, dan 15 nutrisi termasuk 9 vitamin, 5 mineral, serta asam lemak omega 3. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) turut merekomendasikan ibu hamil mengonsumsi enam nutrisi esensial tersebut, demi kehamilan yang sehat.

Jika enam nutrisi esensial tersebut tidak terpenuhi, bisa memengaruhi tumbuh kembang yang berakibat pada kualitas kesehatan seumur hidup.

Mengutip penelitian Blackmores Institute, kandungan asam folat sebelum dan selama masa kehamilan penting dikonsumsi karena bisa mengurangi risiko neural tube defect atau kecacatan tabung saraf. Sementara yodium diperlukan untuk perkembangan otak bayi serta kemampuan visual motorik dan pendengarannya. Asupan yodium penting dikonsumsi untuk mengurangi risiko autisme dan gangguan perilaku si kecil lainnya.


Kemudian, Odourless fish oil yang kaya akan omega 3 juga direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil karena berperan penting bagi perkembangan otak yang sehat, sistem saraf, dan penglihatan si kecil.

Untuk kesehatan ibu hamil, zat besi diperlukan demi membantu mendukung stamina tubuh serta mencegah kelelahan. Sementara betakaroten alami bisa membantu sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Dengan manfaat tersebut, suplemen yang mengandung enam nutrisi esensial, seperti yang terkandung dalam Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungannya memenuhi rekomendasi WHO untuk enam nutrisi esensial utama dan dosisnya telah diformulasikan berdasarkan riset serta rekomendasi pemerintah


Sumber: haibunda

PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Commenti


Post: Blog2_Post
bottom of page