top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Analisa BMKG Soal Gempa M 7 di Turki yang Tewaskan 4 Orang | PT Rifan

PT Rifan - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan analisa tentang gempa bumi dan tsunami di Turki. BMKG menyebut, gempa tersebut merupakan gempa tektonik dengan kedalaman 10 km di dasar laut.


"Hari Jumat, 30 Oktober 2020 pukul 18.51.26 WIB wilayah Kepulauan Dodecanese, Yunani diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo Mw=7,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 37.89 LU dan 26,84 BT, berlokasi di laut pada jarak 17 km arah barat laut Samos, Yunani pada kedalaman 10 km," ucap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, dalam keterangannya, Jumat (30/10/2020).


Gempat tersebut dirasakan hingga di Turki, Yunani, Bulgaria, dan Mekodina Utara. Tak hanya itu, gempa ini mengakibatkan tsunami di beberapa lokasi.



"Guncangan gempabumi ini dirasakan di negara Turki, Yunani, Bulgaria dan Makedonia Utara. Gempabumi ini menimbulkan tsunami lokal yang tercatat di stasiun-stasiun tide gauge di Yunani, yaitu stasiun Syros ±8 cm, Kos ±7 cm, Plomari ±5 cm dan Kos Marina ±4 cm, sedangkan stasiun tide gauge di Turki tidak ada data," katanya.



Diketahui, korban akibat gempa magnitudo (M) 7 di Turki hingga Yunani terus bertambah. Hingga kini sudah ada 4 orang meninggal dunia dan 120 orang luka-luka akibat gempa tersebut.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (30/10/2020), gempa terjadi di antara Pantai Turki dan Pulau Samos di Yunani. Gempa tersebut hingga saat ini menewaskan 4 orang dan melukai ratusan orang.


Menteri Kesehatan Turki, Fahrettin Koca menyebut dalam twitternya sebanyak empat orang tewas di Izmir dan 120 lainnya luka-luka. Dia mengatakan 38 ambulans, dua helikopter ambulans dan 35 tim penyelamat medis tengah bekerja di wilayah Izmir.


Sumber: News.detik

PT Rifan

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

コメント


Post: Blog2_Post
bottom of page