top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Anies Ajak Warga Ikut Gerakan Jakarta Sadar Sampah Selama Sepekan | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat mengikuti Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah (PGJSS). Kegiatan ini masuk dalam rangkaian acara Jakarta Hajatan 2022.


Anies menjelaskan acara ini merupakan rangkaian kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga yang dilakukan secara bersamaan dan kolosal di seluruh DKI Jakarta selama sepekan penuh mulai 20-25 Juni 2022 mendatang.


"Perlu diketahui gerakan ini adalah rangkaian kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga yang dilakukan satu pekan secara bersama dan secara kolosal di seluruh DKI Jakarta," kata Anies dalam keterangan video seperti dilihat Kamis (9/6/2022).


"Kegiatan ini akan melibatkan seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam melakukan pemilahan dan pengangkutan sampah terjadwal," sambungnya.


Anies meyakini gerakan ini mampu mengaktifkan fungsi bidang pengeloaan sampah di RW-RW Jakarta. Sebanyak 2.743 RW bakal terlibat dalam gerakan ini serta mengimplementasikan Peraturan Gunernur 77 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga.


"Pada pelaksanaannya diharapkan masyarakat turut mendukung melakukan pemilahan, melakukan pengangkutan yang semuanya terjadwal selama sepekan," jelasnya.


Anies berharap gerakan ini dapat meningkatkan tanggung jawab warga. Terutama dalam mencari solusi pengelolaan sampah Ibu Kota.


"Semoga gerakan PGJSS menjadikan kita lebih bertanggungjawab serta mampu menciptakan solusi dalam mengelola lingkungan menjadi lebih baik. Sekali lagi, ayo warga Jakarta kita sama-sama ambil tanggung jawab menjaga lingkungan di wilayah masing-masing," imbuhnya.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menjelaskan PGJSS akan dilaksanakan dengan menyimulasikan pola pengelolaan sampah sesuai Pergub Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup RW. Dengan begitu, diharapkan pola pengelolaan sampah ini menjadi makin terinternalisasi sekaligus menciptakan budaya baru warga Jakarta dalam memilah dan mengurangi sampah dari sumber.


Baca juga:

Gerindra Sambut CFD Jakarta: Jangan Meludah dan Batuk Sembarangan

Asep juga menuturkan pihaknya menyiapkan alat pendukung sosialisasi (campaign kit) PGJSS berupa 3.000 buah spanduk kegiatan untuk setiap RW, 15.000 buah poster instruksi kerja untuk setiap RT dan 3.000 buah Vest Jakarta Sadar Sampah untuk setiap Ketua BPS RW se-Jakarta.


"Sedangkan setiap Sudin Lingkungan Hidup Kota/Kabupaten telah mengadakan alat kebersihan untuk mendukung kinerja Bidang Pengelola sampah RW. Semua Sarana ini akan dibagikan sebelum PGJSS digelar," jelasnya.


Adapun, rangkaian kegiatan PGJSS 2022 di antaranya pengumpulan secara terjadwal sampah mudah terurai, sampah material daur ulang, sampah bahan berbahaya dan beracun (B3) rumah tangga, dan kerja bakti massal.


Sampah mudah terurai akan disalurkan ke komposting komunal, ecoenzyme dan biokonversi maggot BSF. Sedangkan sampah material daur ulang akan disalurkan ke bank sampah di setiap RW, dan sampah B3 rumah tangga akan disalurkan ke TPS.




Sumber : news.detik

PT Rifan Financindo

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page