top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

arangan Mengejek Orang Lain, Perbuatan Tercela yang Dibenci Allah| PT Rifan Financindo

Mengejek orang lain dalam pandangan Islam termasuk dalam perbuatan tercela dan dibenci Allah. Hakikat mengolok-olok sesama muslim seperti menghina diri sendiri.

Keadaan seseorang dengan orang yang lainnya tentu berbeda-beda. Ada sebagian orang yang dikaruniai Allah SWT dengan fisik dan wajah yang rupawan, ada pula yang memiliki tampang biasa-biasa saja. Atau mungkin seseorang memang memiliki ilmu yang tinggi, sedangkan orang yang lain tidak.


Namun, apakah yang demikian ini lantas membolehkan orang tersebut untuk mengejek orang lain dan merendahkan mereka? Tentu tidak, sebab mengejek orang lain dalam pandangan Islam termasuk perbuatan yang tercela.


Dikutip dari buku Menuju Persatuan Islam: Pandangan Ulama Internasional oleh Abdul Karim Biazar Syirazi, Al-Qur'an menggolongkan perbuatan mengejek orang lain atau mengolok-olok kekurangan mereka, sama dengan perbuatan fasik.

Mengejek orang lain dalam pandangan Islam tertera dalam firman Allah SWT surah Al-Hujurat (49) ayat 11 yang bunyinya,



Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan itu) lebih baik daripada mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olok) perempuan lain (karena) boleh jadi perempuan (yang diolok-olok itu) lebih baik daripada perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela dan saling memanggil dengan julukan yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) fasik setelah beriman. Siapa yang tidak bertobat, mereka itulah orang-orang zalim.


Tafsir Al-Qur'an Kemenag mengatakan bahwa ayat ini ditujukan untuk mengingatkan muslimin agar tidak mengejek atau mengolok-olok orang atau kaum lain karena bisa saja mereka yang dihina itu lebih baik daripada yang menghina.


Ayat ini juga berisi larangan untuk memanggil orang lain, terutama mukmin lain, dengan panggilan yang buruk atau ejekan.


Sumber sebelumnya mengatakan bahwa orang yang gemar mengejek dan mengolok-olok orang lain, bahkan terhadap muslim yang lain, dalam pandangan Islam sama saja seperti ia menghina diri sendiri.


Sebab, muslim satu dengan yang lain adalah seperti satu tubuh. Jika dalam satu kesatuan tersebut saling mengejek, maka mereka sudah mengejek diri sendiri dan tidak ada yang patut dibanggakan dari mereka.


Dinukil dari Buku Induk Doa dan Zikir oleh Kasimun, Rasulullah SAW melarang perbuatan saling mengejek dan menebar permusuhan karena haram bagi sesama muslimin untuk menumpahkan darah, harta, dan kehormatannya.

Beliau bersabda,



"Janganlah kalian saling dengki, saling mencela, saling membenci, dan saling bermusuhan; jangan pula sebagian kalian berbuat aniaya terhadap sebagian yang lain, tetapi jadilah kalian sebagai hamba-hamba Allah SWT yang bersaudara. Orang muslim adalah saudara orang muslim yang lain, tidak boleh menganiaya dan menghinanya, tidak boleh pula merendahkannya. Takwa ada di sini - seraya mengisyaratkan ke dadanya sebanyak tiga kali-. Cukuplah dianggap suatu kejahatan bagi seseorang bila ia menghina saudaranya yang muslim. Setiap orang muslim atas orang muslim lainnya diharamkan darah, harta benda, dan kehormatannya. (HR Muslim no. 2564)"


Mengejek orang lain dalam pandangan Islam merupakan sifat yang tercela dan dibenci Allah SWT. Sehingga, Dia memerintahkan hamba-Nya untuk meninggalkan perkara penyebab perpecahan tersebut dan bertaubat. Jika tidak, mereka termasuk orang-orang yang zalim.


Selain itu, orang yang mengejek orang lain dan merendahkan mereka karena ia merasa lebih baik dan lebih mulia, maka ia tidak akan masuk surga.

Nabi Muhammad SAW bersabda,


Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam kalbunya terdapat rasa takabur seberat biji sawi. Kemudian ada seorang lelaki bertanya, "Sesungguhnya seorang lelaki menyukai bila baju dan sandalnya baik." Nabi menjawab, "Sesungguhnya Allah itu indah lagi menyukai keindahan. Takabur ialah menolak perkara yang hak dan menghina manusia." (HR Muslim, Abu Dawud, dan Tirmidzi)

Oleh sebab itu, sebagai mukmin yang beriman, sudah seharusnya kita menghindari mengejek, merendahkan, mengolok-olok, dan menghina orang lain terutama sesama muslim agar selalu mendapat pahala dan rida dari Allah SWT. Insyaallah.

Sumber : news.detik

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

תגובות


Post: Blog2_Post
bottom of page