top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Awas! Pedagang Bilang Harga Cabai hingga Beras Bakal Naik saat Nataru | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Pedagang pasar mengatakan ada sejumlah bahan pangan yang harganya berpotensi naik. Bahan pangan tersebut mulai dari cabai, beras, bawang, ayam, telur, daging sapi, dan gula.


Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mengatakan sejumlah komoditas itu berpotensi naik karena berbagai alasan. Ketua Umum DPP Ikappi Abdullah Mansuri mencontohkan seperti harga cabai yang berpotensi akan naik, saat natal dan tahun baru dipastikan permintaan tinggi namun pasokan akan menipis.


"Cabai per hari ini saja belum di posisi normal, normalnya kan Rp 33.000 per kilogram (kg) sampai Rp 35.000/kg, ini masih semua di atas Rp 45.000/kg. Cuaca juga berpengaruh, artinya potensi naik karena musim penghujan (panen terganggu) harga jadi tinggi," jelasnya kepada detikcom, Selasa (1/11/2022).


Kemudian harga bawang merah dan bawang putih yang juga berpotensi akan naik. "Bawang merah ini sama seperti cabai, bawang putih juga bergantung dengan impor jadi persoalan," lanjutnya.


Lalu harga daging sapi yang berpotensi akan naik lebih tinggi. Sementara saat ini saja harganya sudah di kisaran Rp 147.000-Rp 149.000/kg.


"Apa lagi nanti ketika permintaan tinggi diprediksi nataru nanti bisa sampai naik Rp 150.000-Rp 160.000/kg," ungkapnya.


"Sementara ayam per hari ini itu harganya tidak lagi di bawah eceran tertinggi, kalau permintaan tinggi tetap harga dianggap normal karena standarnya sudah melewati batas," lanjutnya.


Terakhir harga gula yang juga disebut berpotensi naik. Mansuri mengatakan harga gula saat ini yang Rp 14.000/kg menjadi harga yang tinggi dan tak turun selama berbulan-bulan.


"Gula ini sebenarnya dulu harga Rp 14.000/kg biasanya turun dan ini bertahan tinggi berbulan-bulan tidak turun ke harga eceran tertinggi. Jadi ini harus diperbaiki oleh Kementerian perdagangan atau badan pangan," tutupnya.



Sumber : Finance.detik

PT Rifan Financindo

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page