top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Batal Mogok Massal, Pekerja Pertamina Diminta Buka Hati | PT Rifan Financindo


PT Rifan Financindo - Kementerian Ketenagakerjaan sudah melakukan mediasi antara direksi PT Pertamina (Persero) dan Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB).

Dengan adanya kesepakatan ini, mogok nasional yang rencananya dilaksanakan oleh seluruh pekerja Pertamina pada Rabu (29/12/2021) dibatalkan. Direksi akan membuka seluas-luasnya saluran komunikasi dengan para pekerja Pertamina yang diwakili oleh pengurus FSPPB.


Guru Besar Hukum Ketenagakerjaan Universitas Indonesia (UI) Prof Aloysius Uwiyono merespons positif keputusan tersebut. Karena menurutnya, bila mogok nasional jadi dilakukan, yang dirugikan bukan hanya Pertamina sebagai korporasi, tetapi juga masyarakat sebagai konsumen.


"Pastilah mengganggu pasokan minyak karena mereka demo kan tidak bekerja. Dstribusi minyak juga terhambat," kata dia.


Dia menambahkan, aksi ini juga berisiko merugikan pekerja yang tergabung di dalam FSPPB. Sebab, jika perusahaan tidak bisa beroperasi akan menimbulkan efek yang cukup besar lantaran terhambatnya pasokan minyak.


Dari sini, ia berharap bisa sama-sama belajar bahwa hubungan industrial yang baik antara pekerja Pertamina dan Pertamina sebagai pemberi kerja bisa terwujud. Saling memahami antar setiap pihak juga penting, terutama memahami hak dan tanggung jawab masing-masing.


"Serikat pekerja jangan hanya menuntut saja tetapi juga membuka hati. Jadi harus musyawarah untuk mufakat," ujarnya.



Sumber : Market.bisnis

PT Rifan Financindo

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Opmerkingen


Post: Blog2_Post
bottom of page