top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Bayang-bayang Pilkada Boven Digoel Ditunda Gegara Rusuh soal Sengketa | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Kerusuhan di Kabupaten Boven Digoel, Papua, pascaKPU memutuskan mencoret pasangan calon nomor 4, Yusak Yaluwo-Yakob Weremba berbuntut panjang. Penundaan penyelenggaraan Pilkada Boven Digoel kini menjadi bayang-bayang.


Sengketa Pilkada Boven Digoel hingga kini masih berproses di Bawaslu setempat. Ketua KPU RI Arief Budiman tak menampik adanya sengketa tersebut.

"Terkait Boven Digoel memang ada permasalahan terkait pencalonan, hari ini proses pencalonan sedang disengketakan di Bawaslu Boven Digoel," kata Arief di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020).



Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Agung Pambudhy)

Pencoblosan Pilkada 2020, termasuk Pilkada Boven Digoel tinggal menghitung hari. Dan bilamana pada hari pencoblosan sengketa belum usai, penundaan Pilkada Boven Digoel bukan tidak mungkin akan terjadi.


"Tapi, kalau sengketa ini diperkirakan nggak bisa selesai sampai 9 Desember, maka nggak punya pilihan lain, KPU kemungkinan akan mempertimbangkan melakukan penundaan khusus di Kabupaten Boven Digoel saja. Jadi kita masih melihat perkembangan penanganan proses sengketannya," sebut Arief.



KPU sendiri sudah mencetak surat suara Pilkada Boven Digoel yang berjumlah 3 pasangan, pasangan Yusak-Yakob tak tertera dalam surat suara tersebut. Namun, surat suara tersebut masih ditahan.


"Untuk logistik, itu sebetulnya logistik yang tidak memuat nama paslon sudah selesai diproduksi dan dikirimkan ke Kabupaten Boven Digoel. Tapi memang untuk logistik yang memuat pasangan calon sedang di-pending. Jadi bukan nggak siap," terang Arief.


"Kalau produksi surat suara, misalnya itu kemampuan pabrik sejam aja sudah selesai proses produksinya, jadi sangat cepat. Tetapi kami minta lakukan penundaan karena sedang ada sengketa. Mudah-mudahan sengketa ini bisa selesai cepat," lanjutnya.



Sumber: News.detik

PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page