top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

BUMN Pasok Daging Sapi hingga Minyak Goreng Jelang Puasa, Ini Stoknya | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut menyiapkan sejumlah komoditas pangan untuk memenuhi kebutuhan jelang Ramadhan dan Lebaran. Perusahaan pelat merah itu antara lain Perum Bulog dan holding BUMN pangan PT RNI (Persero).


Tahun ini, RNI menyiapkan 3.500 ton daging sapi. Jumlah tersebut sekitar 10% kebutuhan nasional. Sementara, Bulog menyiapkan 18.000 ton daging kerbau untuk kebutuhan puasa dan Lebaran.


"Berarti total yang dikelola BUMN sekitar 21.500 ton," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (15/3/2023).


"Jadi sebenarnya 30-40% kebutuhan daging nasional untuk Lebaran itu dipenuhi oleh BUMN, sementara yang lainnya dipenuhi pihak swasta dan lainnya," sambungnya.


Kemudian untuk minyak goreng, RNI mampu menyediakan 22,8 juta liter per bulan. Pihak RNI menyebut, perusahaan bisa memenuhi sekitar 9% kebutuhan nasional. Sementara, Perum Bulog bisa memenuhi sekitar 10% kebutuhan nasional.


"Jadi totalnya hampir mirip-mirip sebenarnya sekitar 20% juga pemenuhan kebutuhan minyak goreng khususnya untuk Lebaran, Ramadan itu dipenuhi oleh BUMN dan kami siap untuk pengadaannya," kata Arya.


Untuk beras, Bulog memiliki cadangan pangan sebesar 5%. Namun, Bulog dan RNI dari sisi komersial bisa memenuhi berapapun kebutuhan.


Selanjutnya, untuk komoditas gula BUMN mampu memenuhi kebutuhan sekitar 60%. "60% itu ditopang oleh BUMN. Kita untuk Ramadhan oke ya, kebutuhan nasional untuk Ramadan sekitar 60% gula itu terpenuhi oleh BUMN," ungkapnya.



Sumber : finance.detik

PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page