top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Delegasi ATF Asal Rusia Kepincut Durian-Wisata Alam Kulon Progo | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Delegasi Rusia dalam ajang Asian Forum Tourism (ATF) 2023 kepincut durian dan wisata alam di Kulon Progo. Mereka pun tertarik menjajaki kerja sama di bidang pariwisata.

"Kalau di sini saya lihat pemandangannya bagus sekali, jadi bisa bawa tamu ke sini mungkin half day tour, jadi setengah hari dari Jogja ke sini mungkin setelah Borobudur," ucap perwakilan Delegasi Rusia, Sergei kepada wartawan di sela-sela post tour ATF 2023 di Kulon Progo, Senin (6/2/2023).


"Nah ini kan satu jalan. Jadi Borobudur dulu, terus nanti ke sini (Kulon Progo), pemandangan bagus, duriannya enak jadi bisa saja kesepakatan (kerja sama wisata) mungkin bagus sekali," imbuhnya.


Hal lain yang membuat delegasi Rusia tertarik dengan Kulon Progo adalah pementasan Sendratari Sugriwa Subali. Menurut Sergei, sendratari ini jauh lebih menarik dibandingkan pementasan lain yang pernah dia saksikan sebelumnya.


"Show ini menarik ya, dan ternyata agak lain daripada yang kami lihat di keraton kemarin. Jadi yang ini lebih aktif, lebih enerjik. Jadi lain daripada yang kami lihat," ucapnya.


Untuk diketahui, Sendratari Sugriwa Subali merupakan tarian kolosal yang melibatkan puluhan penari lokal Kulon Progo. Tarian ini bercerita tentang Sugriwa Subali, kakak beradik yang diperintahkan para dewa untuk merebut Dewi Toro, seorang dewi cantik yang diculik oleh Mahesa Sura. Pertempuran itulah yang kemudian dikreasikan menjadi Sendratari Sugriwa Subali.


Sementara itu, Plh Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Bisma Jatmika mengatakan post tour ATF 2023 menjadi salah satu upaya untuk mempromosikan wisata di DIY. Dalam kegiatan ini, ratusan delegasi diajak untuk mengeksplorasi Jogja, termasuk di antaranya Kulon Progo.


Khusus Kulon Progo, para peserta diajak ke tempat-tempat unik seperti Jatimulyo village, Kopi Sulingan, Embung Tonogoro, Menyaksikan Sugriwa Subali, pertanian durian, tempat konservasi burung hingga Pantai Glagah.


"Upaya promosi semacam ini cukup efektif karena memberikan kesan mendalam yang diterima para delegasi. Diharapkan delegasi saat pilang ke negaranya dan hendak kembali ke Indonesia bisa membawa wisatawan, khususnya menuju wilayah Yogyakarta," ujar Bisma.


Terpisah, Pj Bupati Kulon Progo, Tri Saktiyana optimistis kegiatan tur ATF bisa mendatangkan wisatawan mancanegara ke Kulon Progo. Dia pun melihat ketertarikan delegasi Rusia saat pementasan sendratari hingga suguhan durian premium pegunungan menoreh.



Sumber : news.detik

PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page