top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Deretan Harga Pangan yang Terpantau Naik Seminggu Jelang Puasa | PT Rifan Finacnindo

PT Rifan Financindo - Menjelang bulan suci Ramadan, sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga. Beberapa di antaranya cabai rawit merah, bawang putih, daging ayam, hingga telur ayam.

Berikut ini merupakan deretan harga pangan yang terpantau naik di Pasar Ciputat dan Pasar Jombang, Tangerang Selatan.


1. Cabai Rawit Merah

Harga cabai rawit merah di Pasar Jombang tembus Rp 90.000/kg. Padahal sebelumnya dibanderol Rp 60.000-70.000/kg.



"Rawit merah mah dia duluan (naiknya), sudah lama," ujar salah satu penjual sayur, Heru kepada detikcom, Minggu (12/3/2023).


Sementara itu di Pasar Ciputat, harga cabai rawit merah saat ini dibanderol Rp 88.000/kg.


"Harganya sudah 5 hari-an segitu. Yang ini bertahan segitu. Sebelumnya (cabai rawit merah) Rp 60 ribu-an/kg, naik jadi 68, ke 75, 80, sempat di 90, baru ke 88," ungkap salah satu penjual sayur, Margono kepada detikcom.


2. Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi salah satu komoditas yang mengalami lonjakan harga. Di Pasar Ciputat harganya kini Rp 36.000/kg untuk bawang putih biasa sementara bawang putih kating dibanderol Rp 40.000/kg. Sebelumnya, harga bawang putih dipatok sekitar Rp 28.000-36.000/kg.


Salah satu penjual sayur, Margono mengatakan bahwa kenaikan harga bawang putih sudah terjadi selama seminggu.


"Paling kalau bawang-bawangan biasa sih kalau mau puasa kan pasti bawang putih yang naik. Sudah pasti itu. Setiap tahun kalau menjelang puasa udah pasti itu yang naik," katanya kepada detikcom.


Sementara itu, di Pasar Jombang harga bawang putih juga meningkat. Dari yang sebelumnya Rp 30.000/kg menjadi Rp 35.000/kg untuk bawang putih biasa. Sementara bawang putih kating kini menjadi Rp 45.000/kg dari yang sebelumnya Rp 35.000/kg.


3. Daging Ayam

Harga daging ayam di Pasar Ciputat terpantau mengalami lonjakan harga. Per kilogramnya saat ini dibanderol Rp 45.000. Akan tetapi, harga tersebut bervariasi tergantung dari ukuran ayam.

"Kalau per satuan, ini Rp 80.000/ekor, ukurannya besar biasanya untuk sate ayam Madura. Yang ini Rp 45.000, ukurannya agak kecil. Itu buat ayam konsumsi warteg," ungkap salah satu penjual ayam yang tidak mau disebutkan namanya kepada detikcom.


Penjual tersebut mengatakan bahwa kenaikan harga ayam sudah terjadi dalam seminggu terakhir. Kenaikan harganya bervariasi, bisa Rp 500, Rp 700, hingga Rp 1.500 per kilogramnya.



Namun, apabila pasar sedang sepi, ia akan menurunkan harga ayamnya. Ia juga mengungkapkan bahwa harga daging ayam akan naik terus hingga awal bulan puasa.


"Kemungkinan naik masih terus sampai puasa, awal puasa biasanya. (Bisa dijual) Rp 50.000 untuk BLD (ayam tanpa tulang)," ungkapnya.


4. Telur Ayam

Di Pasar Ciputat, harga telur ayam melonjak tinggi hingga tembus Rp 30.000/kg. Salah satu penjual telur, Saras mengaku bahwa harga telur ayam baru naik kemarin.


Sebelumnya, harga telur dibanderol Rp 27.000-28.000/kg. Ia juga tidak tahu alasan harga telur bisa naik.


"Kurang tahu ya. (Beli) dari agennya sudah naik," ujarnya kepada detikcom.


Ia berkata bahwa terdapat komoditi yang harganya memang naik menjelang puasa, salah satunya telur. Meski demikian, ia dapat memastikan bahwa stok telur miliknya masih aman.



Sumber : finance.detik


PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page