top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Dipimpin RI, 3 Menlu Perempuan Berkumpul di AS Bahas Masa Depan Kawasan | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi memimpin pertemuan trilateral antara Indonesia, Australia dan Timor Leste. Ketiga Menlu perempuan yang terdiri dari Retno, Menlu Australia Penny Wong dan Menlu Timor Leste Adaljiza Magno membahas masa depan kawasan.


Ketiga Menlu perempuan sepakat soal kerja sama konektivitas, ketahanan pangan, dan energi, terus didorong. Mereka juga menyepakati mengenai pentingnya semua negara untuk menghormati prinsip-prinsip Piagam PBB secara konsisten.


"Prinsip penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah termasuk prinsip yang sangat penting untuk dihormati," kata Menlu Retno dalam keterangan seusai pertemuan di New York, Amerika Serikat (AS), Senin (20/9/2022).



Isu pemberdayaan perempuan juga disepakati ketiga Menlu untuk terus disuarakan. Pengarusutamaan isu gender dinilai penting dilakukan di semua kerja sama antara ketiga negara.


Selain itu, isu G20, ASEAN dan kerja sama maritim juga dibahas dalam pertemuan. "Indonesia sebagai Presiden G20, terus berupaya menjaga agar G20 tetap dapat bekerja dan menghasilkan kerja sama konkret, tidak hanya untuk anggotanya, namun untuk masyarakat dunia," ujar Retno. Menlu Retno menambahkan, Indonesia sejak awal memberikan perhatian pada kepentingan negara berkembang.



Selain itu, Australia dan Timor Leste disebut mendukung sentralitas ASEAN dan upayanya dalam membantu Myanmar melalui 5 Points Consensus (5PC).


Menlu Retno menyampaikan selama keketuaannya nanti, Indonesia ingin ASEAN terus memperkokoh sentralitasnya sehinga tetap dapat menjadi motor bagi stabilitas dan kesejahteraan Kawasan. Indonesia juga akan mengadakan pertemuan Indo-Pacific Infrastructure Forum selama masa keketuaan pada 2023 yang diharapkan dapat membangun kerja sama konkret di bidang insfrastruktur di antara negara-negara Indo-Pasifk.



Pertemuan trilateral antara Indonesia, Australia, dan Timor Leste merupakan pertemuan yang dilakukan ketiga negara di sela-sela sidang tahunan Sidang Majelis Umum PBB. Pertemuan terakhir dilaksanakan secara virtual pada 2020.



Sumber : market.bisnis

PT Rifan Financindo

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page