top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Gimana Nih? Harga Emas Diramal Bakal Terus Merosot | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Pekan ini harga emas tercatat mulai mengalami perbaikan. Namun analis masih pesimis dengan prospek harga ke depan.


Dikutip dari CNBC, Kamis (12/8/2021), hari Minggu kemarin harga emas turun ke level terendah dalam 4 bulan terakhir ke level US$ 1.677,9. Padahal Kamis pekan sebelumnya sebelumnya harga emas berada di kisaran US$ 1.740 per troy ounce.

Pada awal tahun harga emas masih berada di level US$ 1.900 an.



Analis Komoditas Commonwealth Bank of Australia Vivek Dhar mengungkapkan penurunan harga emas ini terjadi karena respon laporan ketenagakerjaan AS yang semakin baik.

Harga emas dan dolar AS ini saling terkait. Jika dolar AS menguat terhadap mata uang lain, maka harga emas akan turun.


"Aksi jual yang terjadi pada Senin kemungkinan dipicu oleh pasar Asia yang membeli dolar AS dan menjual emas sebagai respon laporan ketenagakerjaan periode Juli," kata dia dikutip dari CNBC, Kamis (12/8/2021).


Pada Jumat lalu, Biro Statistik Tenaga Kerja AS menyebutkan nonfarm payrolls mengalami peningkatan menjadi 943.000 pada Juli. Angka ini lebih tinggi dibanding perkiraan yang hanya 845.000 pekerjaan baru.


"Logam mulia ini akan sulit bullish," ujarnya. Apalagi kebijakan moneter AS yang lebih hawkish.



Sebelumnya Federal Reserve memperkirakan akan menghentikan pelonggaran moneter dan memperlambat stimulus ketika ekonomi pulih dari pandemi. Bank sentral AS mempertahankan suku bunga di level yang mendekati nol.


Namun pejabat Fed memberikan sinyal jika kenaikan suku bunga bisa saja terjadi apalagi dengan angka inflasi yang mulai meningkat.


Head of Investment UBS Global Wealth Management Dominic Schnider mengungkapkan jika harga emas diprediksi hanya berada di level US$ 1.700 pada kuartal I 2021. Bahkan harga emas bisa turun ke level US$ 1.600 atau lebih rendah.



Sumber : Finance.detik

PT Rifan Financindo

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comentários


Post: Blog2_Post
bottom of page