top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Gunung Merapi Erupsi Pagi Ini, Luncurkan Awan Panas 1,8 Kilometer | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Pagi ini, Gunung Merapi kembali erupsi. Berikut laporan lengkapnya.


"Awan panas guguran Merapi tanggal 20 Mei 2021 pukul 08.30 WIB," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangannya, Kamis (20/5/2021).


Hanik menjelaskan, awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 41 milimeter dan durasi 170 detik.



"Jarak luncur awan panas sejauh 1.800 meter ke arah barat daya," ungkapnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Hanik, berdasarkan laporan pemantauan Gurung Merapi pukul 00.00 hingga 06.00 WIB hari ini secara visual Gunung Merapi terpantau jelas. "Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 75 meter di atas puncak kawah," paparnya.


Sementara untuk kegempaan, tercatat gempa guguran sebanyak 35 kali, hembusan 3 kali dan gempa fase banyak 5 kali.


"Tingkat aktivitas Merapi masih Siaga (Level III) sejak 5 November 2020," tegasnya.

Oleh karena itu, BPPTKG menetapkan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km dan pada sektor tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 km.


Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak Gunung Merapi.



Sumber: news.detik

PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page