top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Harga Emas Berjangka Anjlok karena Bunga Obligasi Meningkat | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Harga emas berjangka anjlok ke level terendah hampir tiga minggu pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB).


Harga emas bertengger di bawah level psikologis 1.800 dolar, karena pencalonan kembali Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell memicu spekulasi kenaikan suku bunga yang lebih cepat, memperkuat dolar dan imbal hasil obligasi pemerintah.


Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi Comex New York Exchange, anjlok USD22,5 atau 1,25%, menjadi ditutup pada USD1.783,80 per ounce, merupakan penurunan sesi keempat berturut-turut. Sementara emas di pasar spot turun 0,9% menjadi USD1.788,51 per ounce pada pukul 19.13 GMT.


Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang saingannya relatif stabil setelah mencapai level tertinggi dalam 16 bulan membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya, sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS menguat.


"Emas telah mengalami aksi jual panik selama 48 jam terakhir dan saya akan menyalahkan sebagian besar dari kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah 10-tahun.


Karena kurva imbal hasil semakin curam, emas berjangka tidak merespons dengan baik," kata Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago.


Investor bertaruh Powell akan meningkatkan kecepatan di mana bank sentral menormalkan kebijakan moneter untuk mengatasi lonjakan harga-harga konsumen dengan lebih baik.


Powell dan Menteri Keuangan Janet Yellen akan muncul di hadapan Komite Perbankan Senat minggu depan. Harga emas telah jatuh hampir USD100 sejak mencapai puncak lima bulan di USD1.876,90 per ounce minggu lalu.


Namun, Ross Norman, seorang analis independen, mengatakan "terlalu dini untuk menghapus (write off) emas".




Sumber : economy.okezone

PT Rifan Financindo

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page