top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Harga Emas Jatuh & Terendah dalam 3 Bulan, Berminat Beli? | PT Rifan Financindo


PT Rifan Financindo - Harga emas di pasar global jatuh ke level terendah dalam tiga bulan pada perdagangan akhir pekan lalu, Jumat (8/11/2019). Di pasar spot harga emas turun ke level US$ 1,455.80/troy ounce terendah sejak 5 Agustus.

Optimisme AS dan China akan menandatangani perjanjian perdagangan sementara memberi tekanan pada harga emas. "Emas tetap di bawah tekanan di tengah sinyal positif di depan perdagangan AS-China," kata Yes Securities, seperti di kutip dari LiveMint.com.

Meskipun pihak AS kemudian masih membantah bahwa terjadi penghapusan tarif, dan sempat menyebut kabar tersebut sebagai propaganda China.

Selain itu, investor juga mulai mendengar kabar serta bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) yang kemungkinan menghentikan periode pemangkasan suku bunga.

Pada pekan lalu, saat The Fed memangkas suku bunga 25 basis poin menjadi 1,5-1,75%, sang ketua Jerome Powell mengindikasikan suku bunga tidak akan dipangkas lagi, kecuali jika perekonomian Paman Sam kembali memburuk.

Total sepanjang pekan lalu emas anjlok 3,7% ke US$ 1.455,80/troy ons yang merupakan level terlemah sejak 5 Agustus lalu.

Sebenarnya, selama sepekan ini kesepakatan dagang AS-China mengalami pasang surut. Mengutip CNBC International Kamis (7/11/19), Juru Bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng mengatakan baik AS maupun China setuju untuk membatalkan rencana pengenaan berbagai bea masuk. Perundingan yang konstruktif dalam dua pekan terakhir membuat kedua negara sudah dekat dengan kesepakatan damai dagang fase I.

Di sisi lain, AS membantah pernyataan dari China tersebut. Reuters memberitakan penghapusan bea masuk menimbulkan pertentangan di internal pemerintahan AS.

Beberapa sumber mengungkapkan bahwa terjadi penolakan terhadap rencana tersebut. Peter Navarro, Penasihat Perdagangan Gedung Putih, juga menegaskan bahwa belum ada kesepakatan soal penghapusan bea masuk. Dia menilai China melakukan klaim sepihak.

Hal tersebut ditegaskan sendiri oleh Presiden AS, Donald Trump, juga mengatakan ia tidak setuju untuk membatalkan bea masuk, sebagaimana dilaporkan CNBC International.

Pada akhir Oktober lalu, harga emas masih berada di atas US$ 1.500/troy ons,tetapi tren kenaikannya diprediksi sudah berakhir oleh Chief Commodities Economist di Capital Economics, Caroline Bain. Capital Economics merupakan lembaga riset makroekonomi ternama yang berbasis di London.

Melansir kitco.com, Bain memproyeksikan harga emas dunia berada di kisaran US$ 1.350/troy ons di akhir 2020. "Tren kenaikan harga emas sudah berakhir," ujarnya.

Untuk tahun 2021, harga emas diprediksi masih akan turun lagi ke kisaran US$ 1.250/troy ons.

"Di tahun ini, harga emas diuntungkan oleh ketidakpastian ekonomi, peningkatan tensi geopolitik, serta pemangkasan suku bunga di AS" kata Bain.

Capital Economics memprediksi di tahun depan pertumbuhan ekonomi global akan membaik, yang membuat selera terhadap risiko (risk appetite) pelaku pasar meningkat, dampaknya emas tidak akan menarik lagi. Bain mengatakan "investasi terbaik" untuk tahun depan bukan logam mulia.

Ketika tren kenaikan harga emas berakhir, maka aksi jual yang akan segera tiba. Hal tersebut diprediksi oleh ahli strategi komoditas dari TD Securities, Ryan McKay.

Menurut McKay, trader mengamati US$ 1.480/oz, di mana emas bertahan di atas level tersebut dalam beberapa pekan terakhir. Kini level tersebut sudah dilewati, hal tersebut dikatakan menyiratkan kenaikan harga emas belakangan ini sudah mendekati akhir.

"Kita melihat rally di aset berisiko, dolar menguat dan saham-saham mencapai rekor tertinggi. Masih banyak posisi beli (long) emas dalam beberapa bulan terakhir, dan kita mulai melihat posisi itu dilikuidasi (dijual)" kata MaKay sebagaimana dilansir CNBC International.

Sumber: cnbcindonesia PT Rifan Financindo

2 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page