top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Ibu-ibu Jangan Cemas, Harga Telur Diperkirakan Turun Minggu Depan | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Ketua Umum Asosiasi Peternak Layer Nasional, Musbar Mesdi memperkirakan harga telur ayam akan kembali turun pasca Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN), dalam hal ini Natal dan Tahun Baru 2022.


Harga telur yang kini tembus Rp 31-32 ribu per kilogram (kg) akan kembali turun di bawah Rp 30 ribu. Menurutnya itu siklus yang biasa terjadi setelah Natal dan Tahun Baru maupun Idul Fitri atau Lebaran.


"Sesudah sudah lewat masa HBKN biasanya melandai, artinya sekarang sudah di Rp 24 ribu, Rp 25 ribu, Rp 26 ribu (di tingkat peternak)," kata dia kepada detikcom, Kamis (30/12/2021).


Harga telur ayam di pedagang yang dijual ke konsumen tembus Rp 31-32 ribu ketika harga di tingkat peternak Rp 24.500. Kemudian setelah tiba di pengepul, pedagang besar sampai pedagang kecil ada ongkos Rp 6.800 per kg.


Dia menjelaskan bahwa ketika harga telur ayam tinggi maka masyarakat pasti mengurangi pembelian. Dengan demikian harga akan terkoreksi pasca HBKN.


"Ini yang menyebabkan sesudah hari raya HBKN ini harganya langsung melandai di tingkat peternak. Ya rasanya sih nanti harga di tingkat konsumennya paling minggu depan sudah turun lagi di bawah Rp 30 ribu," jelasnya.


Melihat tren tingkat penawaran dan permintaan (supply-demand) saat ini, dia meyakini harga telur ayam tidak akan kembali meroket, justru akan mengalami penurunan.



Sumber : Finance.detik

PT Rifan Financindo

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page