top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Investasi Emas buat Anak Muda Masih Relevan? Cek Lagi Untungnya | PT Rifan

PT Rifan - Semakin banyak anak muda zaman now yang memahami pentingnya investasi sejak dini. Banyaknya edukasi dan sosialisasi membuat anak muda bisa mengenal berbagai cara mudah untuk berinvestasi.

Salah satu instrumen investasi yang banyak dikenal sejak dulu ialah emas, yang dipercaya memberi keuntungan dalam jangka panjang. Namun, apakah emas masih relevan menjadi instrumen investasi andalan bagi anak muda zaman now? Nah berikut adalah sederet keuntungan berinvestasi emas.


Instrumen investasi ini tergolong minim risiko kalau dibandingkan yang lain. Hal itu terlihat dari fluktuasi emas yang cenderung tidak terlalu tinggi. Artinya, jika harga emas mengalami menurun jumlahnya pun tidak akan terlalu dalam. Begitu juga ketika sedang mengalami kenaikan maka nilainya pun meroketnya tidak terlalu tinggi.


Oleh karena itu, fluktuasi emas yang cenderung aman membuat jenis instrumen investasi tersebut tergolong minim risiko dan cocok untuk pemula.


2. Bisa Dijadikan Sebagai Dana Darurat


Mempunyai dana darurat merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap orang, tidak terkecuali anak muda. Pasalnya, setiap orang tidak ada yang mengetahui kapan dirinya mengalami musibah yang menguras isi dompet.


Oleh karena itu, kehadiran dana darurat merupakan hal yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut. Menariknya, berinvestasi emas bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menabung dana darurat.


Pasalnya, emas memiliki berbagai pecahan mulai dari 0,01 gram hingga pecahan kilogram. Belum lagi, sekarang sudah ada layanan emas digital yang membuat para investor mudah untuk melakukan investasi.


3. Modal Fleksibel dan Menguntungkan


Modal fleksibel dan menguntungkan merupakan 2 hal positif lainnya yang dimiliki oleh instrumen investasi emas. Sebab investor bisa membeli emas dari berbagai ukuran seperti yang disebutkan di atas.


Soal harga, tenang, setiap ukuran memiliki berbagai harga yang bisa disesuaikan dengan isi dompet masing-masing. Belum lagi, harga emas setiap tahunnya juga cenderung mengalami peningkatan. Hal itulah yang membuat instrumen investasi ini tergolong menguntungkan untuk jangka panjang.


Saat ini, untuk Anda yang tertarik berinvestasi emas terdapat pilihan emas digital yang bisa dibeli di berbagai platform seperti Pegadaian Digital.


Bagi Anda yang terpikir untuk memulai investasi, berikut ini gambaran harga emas Antam, Rabu (22/8/2023). Harga dasar emas 0,5 gram berada di level Rp 579.000, 1 gram Rp 1.058.000, 2 gram Rp 2.056.000, 3 gram Rp 3. 059.000, 5 gram Rp 5.065.000, 10 gram Rp 10.075.000, 25 gram Rp 25.062.000, 50 gram Rp 50.045.000, dan 100 gram Rp 100.012.000.


Untuk diketahui, setiap membeli emas batangan langsung di Antam biasanya akan dikenakan pajak sebesar 0,45% sesuai aturan Peraturan Menteri Keuangan 34/PMK.010/2017. Namun, tarif ini berlaku jika menyertakan nomor NPWP. Sementara itu, untuk pembeli tanpa menyertakan nomor NPWP dikenakan pajak sebesar 0,90%.


Sedangkan untuk pembelian emas di Pegadaian harga yang tertera sudah dikenakan pajak. Bagi Anda yang ingin mulai menabung emas, bisa membeli emas dengan harga sangat terjangkau melalui layanan Tabungan Emas Pegadaian. Adapun per hari ini Rabu (22/8/2023) Anda dapat membeli emas mulai dari 0,01 gram emas seharga Rp 9.770.


Anda pun bisa memanfaatkan fitur Simulasi Tabungan Emas untuk membantu menghitung nilai investasi emas.


Jika ingin membeli emas dengan sistem angsuran, tersedia juga fitur Simulasi Cicil Emas yang bisa dimanfaatkan. Yuk berinvestasi emas dari sekarang pakai Pegadaian Digital dan dapatkan banyak manfaat!


Selain itu, Anda pun bisa menghitung keuntungan berinvestasi emas melalui layanan Simulasi Tabungan Emas. Jika Anda ingin membeli emas dengan sistem angsuran, tersedia pula layanan Simulasi Cicil Emas. Gadai dan investasi emas dengan aman dan nyaman, Pegadaian solusinya.


Sumber :

PT Rifan

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comentários


Post: Blog2_Post
bottom of page