top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Jokowi Minta Anies Baswedan Teruskan Warisan Program Antikebanjiran | PT Rifan Financindo


PT Rifan Financindo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gubernur DKI Anies Baswedan meneruskan program antikebanjiran di Jakarta. Jokowi juga ingin semua pihak bekerja sama dalam penanganan banjir.

Pernyataan itu disampaikan dalam rapat terbatas penangan banjir di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020). Hadir dalam rapat Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Bupati Lebak Ity Jayabaya, hingga Bupati Bogor Ade Yasin.

"Sudah seharusnya sebagai organisasi besar kerja sama-sama, baik pemerintah pusat, pemprov, pemkab, pemkot dalam jangka pendek maupun panjang penanganan banjir, longsor, bencana alam," kata Jokowi.


Jokowi awalnya menyoroti longsor di Sukajaya, Bogor. Dia meminta akses menuju lokasi segera dibuka.

"Kemarin saya ke sana. Penanganan longsor berjalan baik meskipun saya lihat akses menuju beberapa desa belum bisa diselesaikan, tapi sehari-dua hari dikerjakan segera," kata Jokowi.


Jokowi juga menekankan pentingnya rehabilitasi hutan pascabencana. Jokowi meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyiapkan bibit pohon keras.

"Saya minta bibit disiapkan dari KLHK sehingga bisa dalam bulan Januari dan Februari. Tidak hanya pohon keras, tapi pentingnya tanaman pencegah longsor, pencegah bandang, akar wangi, akan saya cari sebanyak-banyaknya, terutama di Lebak dan Kabupaten Bogor," ujar Jokowi.

Jokowi kemudian meminta Anies meneruskan program naturalisasi sungai di Ibu Kota untuk menangkal banjir. Anies juga diminta membantu membebaskan lahan proyek sodetan Ciliwung.

"Yang berkaitan dengan Jakarta, saya minta yang sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu juga tahun ini bisa dirampungkan. Saya kira bisa secepatnya dengan Gubernur untuk bisa menyelesaikan masalah pembebasan lahannya. Dan pengerjaan-pengerjaan meneruskan kembali, baik normalisasi maupun naturalisasi, di sungai-sungai yang ada di Jakarta," kata Jokowi.

Jokowi menekankan ada 14 sungai yang melintasi Jakarta. Semua sungai tersebut harus dinormalisasi.

"Dan perlu saya sampaikan sungai yang ada di Jakarta bukan hanya Ciliwung, ada Sungai Pesanggrahan, Cipinang, Buaran, Sungai Mookervaart, dan 14 sungai lainnya ini semuanya saya kira perlu dilakukan penormalan kembali sehingga aliran air yang ada di Jakarta bisa kembali normal," ujar Jokowi.


Selain itu, Jokowi meminta Kementerian PUPR merampungkan proyek Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bendungan tersebut diklaim bisa mengendalikan banjir di Jabodetabek ke depannya.

"Saya minta dipercepat Kementerian PUPR ini Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi, meskipun saya tahu progresnya sudah 47 persen, pembebasan tanah juga sudah 95 persen. Tinggal sisanya saya kira diselesaikan," ucapnya.

Dia juga menyampaikan arahan agar ada evaluasi total sistem pengendalian banjir dan bencana alam. Evaluasi diharapkan secara menyeluruh dari hulu sampai hilir.

"Saya mengajak kita semua evaluasi total sistem pengendalian banjir, pengendalian bencana alam dari hulu sampai hilir sehingga memiliki strategi jangka pendek dan panjang. Master plan ada, tapi implementasi perlu detail kerja sama pusat dengan daerah," ujar Jokowi.


Tanggapan Anies

Anies Baswedan menyebut permintaan normalisasi sungai dari Presiden Jokowi adalah solusi jangka panjang mencegah banjir. Anies lantas berbicara solusi penanganan jangka pendek.

"Itu jangka panjang. Jadi jangka pendek sekarang penanganan pada korban dan tadi pagi saya dengan Menteri PUPR membahas ini juga. Jadi memang pada akhirnya kita sama-sama supaya komprehensif dari hulu sampai hilir," ujar Anies.

"Pelebaran sungai cuma kita bicara di hilir, padahal isunya adalah... memang menarik untuk klik, ya kan," imbuhnya.

Anies mengatakan normalisasi sungai di Jakarta adalah program Kementerian PUPR. Anies menyerahkan kepada PUPR untuk menjelaskan lebih lanjut soal target penyelesaian.

"Itu dengan Pak Menteri. Programnya program Pak Menteri," kata Anies.


Sumber: News.detik

PT Rifan Financindo

2 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page