top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Kenalan dengan Orang RI di Balik Modifikasi Toyota Supra di AS | PT Rifan Financindo



PT Rifan Financindo - Toyota Supra mendapatkan sentuhan modifikasi dari Toyota Customizing & Development Department (TCD). Rupanya ada orang Indonesia yang terlibat dalam proyek modifikasi itu.

Dia lah Heru Adi Nugroho dari Toyota Amerika Utara. Dalam siaran pers Toyota disebutkan, Heru merupakan pemimpin proyek modifikasi Supra menjadi GR Supra 3000GT. Sebuah mobil modifikasi yang terinspirasi dari Supra model lama, tepatnya Supra TRD3000GT keluaran tahun 1994. Foto mobilnya bisa dilihat di bawah ini:



Heru saat ditanya detikcom, bisa berkiprah di Amerika setelah diajak bergabung dari Jepang. "Saya bergabung ke TMNA (Toyota Motor North America) September 2019 berdasarkan assignment dari Toyota Customizing Development (TCD) TMC (Toyota Motor Corporation) Jepang dan TMNA untuk bekerja sebagai Japanese Coordinator, walaupun bukan orang Jepang," ujarnya.

Di sana dia bertugas melakukan penyentuhan terhadap mobil-mobil yang dijual di Amerika Utara dan membuat mobil-mobil edisi khusus. "Bagaimana membuat vehicle tetap competitive dan profitable dengan membuat Short dan mid term plan special grade/Special Edition," ujarnya.

Heru bercerita ikhwal dia bisa membuat proyek modifikasi Supra. "Saya propose ke TMNA dan TCD Jepang membuat Supra Concept car untuk SEMA 2019 show untuk merayakan kembalinya sang legenda. Karena Concept ini akan dibuat oleh TCD Jepang idenya adalah membuat produk ikonik yang ada di Jepang yang menunjukkan Japanese Craftsmanship tapi juga harus diketahui oleh penggemar Supra di luar Jepang. Setelah berdiskusi dengan tim di Jepang, kami memutuskan untuk membuat Toyota Supra 3000GT karena Toyota Supra 3000GT 1994 juga terkenal di luar Jepang karena selain racing Icon, mobil ini ada di game Gran Tourismo," papar pria yang memiliki istri asal Jepang dan dua anak ini.


Proses pembuatan mobil sekitar 6 bulan dengan semua suku cadang dibuat di Jepang. "Sedangkan assembly, tuning, body wrap di LA Amerika untuk mempererat Japan-USA builder relation dan LA terkenal sebagai tempat builder and tuner Japanese cars. Semua design concept, spesifikasi vehicle dan Development progress di share ke saya setiap minggu dan saya juga terbang Jepang dan LA untuk memastikan semua berjalan sesuai plan," ujarnya.


Hasilnya adalah sebuah mobil berbodi yang agresif yang bisa kita lihat saat ini. Mobil memiliki splitter depan yang lebih lebar dengan bagian depan yang sudah berubah. Kap mesinnya memiliki lubang udara berbentuk segitiga. Sementara di belakang ada sayap super besar yang dilengkapi dengan diffuser dan knalpot modif dari HKS.


Di bagian depan ada desain segitiga ikonik yang dipasang di kap mesin. Ventilasi segitiga adalah desain khas Toyota Supra 3000GT 1994.

"Selain memberikan unique sport image tapi juga berfungsi sebagai cooling intake. Keunikan dari concept car ini adalah didesain oleh TCD Japan dengan menggunakan know how dari pengalaman racing bertahun-tahun, jadi walaupun concept, TCD dapat memproduksi dengan melakukan sedikit adjustment dari current concept design sehingga bisa dijual ke market sebagai legal street product. Rear wing (rear spoiler) dibuat menggunakan tooling yang sama dengan Toyota Supra 3000GT 1994 kemudian bagian bawah di-adjust untuk fit di GR Supra, sedangkan bagian atas tetap sama dengan original product," ujarnya.

Mantap juga ya?


Sumber: Oto.detik

PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page