top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Kiprah Calon Panglima TNI Jenderal Andika: Adakan Mobil Dinas Xpander Hingga Land Cruiser | PT Rifan



PT Rifan Financindo - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa resmi diusulkan menjadi calon tunggal Panglima TNI. Selama memimpin TNI Angkatan Darat (AD), Jenderal Andika membuat pengadaan kendaraan dinas baru, dari model Mitsubishi Xpander hingga Toyota Land Cruiser Prado.

Mobil-mobil dinas baru TNI AD itu diserahkan sekira bulan April 2021 lalu. Dalam tahap pertama diserahkan 547 unit kendaraan dinas baru untuk matra darat tersebut. Kendaraan dinas ini meliputi mobil dan sepeda motor.


"Saya hanya titip, kalau tahun ini mobilnya 309 unit kemudian sisanya motor sehingga total itu 547, tahun depan lebih banyak. Tetapi memang itulah yang bisa kita lakukan, saya yakin ini pengadaan terbesar dalam sejarah kita, maksudnya dalam satu kali pengadaan." kata Andika dikutip dari tayangan YouTube TNI AD (1/5/2021).


Kendaraan dinas TNI AD Foto: Kendaraan dinas TNI AD (dok. YouTube TNI AD)

Mobil dinas anyar TNI AD pun cukup beragam, mulai model low MPV seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan Suzuki Ertiga. Ada juga mobil di kelas SUV, dari kelas medium hingga high, yakni Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, dan Toyota Land Cruiser Prado.


Beberapa mobil double cabin juga terlihat jadi kendaraan dinas para prajurit TNI AD. Disulap menjadi ambulans hingga K-9, yang terlihat modelnya ialah Mitsubishi Triton. Selain mobil, nampak pula motor trail lansiran Kawasaki KLX. Penyerahan kendaraan dinas itu dilakukan langsung oleh Jenderal Andika.


"Kami di sini di Markas Besar pasti memikirkan semuanya, berusaha yang terbaik untuk menyiapkan apa yang mungkin begitu lama yang tak pernah ada. Ini baru tahun 2020, tahun 2021 lebih banyak dari 2020," sambung Andika.


Kendaraan dinas TNI AD Foto: Kendaraan dinas TNI AD (dok. YouTube TNI AD)

Pada mobil dinas terbaru TNI AD ini juga terdapat hal batu lainnya, yakni penggunaan warna dan font pelat mobil. Warna kendaraan saat ini berwarna kecokelatan dibandingkan sebelumnya yang berwarna hijau. Font pada pelat mobilnya juga berubah. Kini font menggunakan jenis Monsterad dan tidak bold.


Kapuspalad Mayjen TNI Sigid W mengatakan warna tersebut merupakan warna terbaru yang dibuat khusus. Sigid mengatakan warna dan font terbaru ini ditentukan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.


"Ini warna terbaru untuk warna kendaraan angkatan darat, catnya pun belum ada di pasaran, jadi cat khusus, font-nya Monsterad, ukurannya sudah ditentukan tidak boleh di-bold. Jadi standar, jadi semua nomor kendaraan Angkatan Darat menggunakan font Monsterad. Yang menentukan Bapak KSAD semua, dari warna sampai nomor, semuanya Bapak KSAD," kata Sigid dalam siaran kanal YouTube TNI AD (1/5/2021).


Sebagai informasi, Jenderal Andika Perkasa akan menggantikan posisi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun pada tanggal 8 November mendatang. Sebelum diangkat menjadi pucuk pimpinan TNI, Jenderal Andika akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di gedung DPR RI.



Sumber : Oto.detik

PT Rifan Financindo

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page