top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Masjid Unik di Pantai Gading, Dibangun dari Tanah Liat dan Telur Burung Unta | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Masjid-masjid tua di Pantai Gading masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Masjid itu merupakan masjid yang terbuat dari tembikar yang dibangun di Kekaisaran Mali pada tujuh abad lampau.



Dikutip dari situs resmi UNESCO, Senin (2/8/2021) masjid-masjid di Pantai Gading itu dinilai sebagai saksi penting bagi perdagangan trans-Sahara. Masjid itu berperan penting dalam penyebaran agama dan budaya Islam dengan memiliki arsitektur perpaduan antara budaya Islam dan lokal serta memiliki gaya yang sangat khas.

Masjid-masjid itu dibangun dari tanah liat dengan penopang kayu yang menonjol dan campuran telur burung unta. Bentuk menaranya didesain meruncing.


Delapan masjid yang masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO itu merupakan bangunan terbaik dari 20 masjid serupa yang tersisa di seantero Pantai Gading. masjid-masjid itu terletak kota Tengréla, Kouto, Sorobango, Samatiguila, M'Bengué, Kong, dan Kaouara. Jumlah itu berkurang drastis dibandingkan abad 20 yang jumlah masjid serupa masih ratusan.



Menurut UNESCO, masjid-masjid di Pantai Gading itu menampilkan interpretasi gaya arsitektur yang berasal dari abad ke-14 di Kota Djenne, bagian dari Kekaisaran Mali. Gaya itu menyebar ke Sudan pada abad ke-16 dan dikembangkan dengan beradaptasi dengan iklim yang lebih basah.


Sumber: mnews.detik

PT Rifan Financindo

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page