top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Mau Wisata Unik di Malioboro Jogja, Cobalah Bregodo | PT Rifan Financindo


PT Rifan Financindo - Menyambut libur Natal dan tahun baru (Nataru), Dinas Pariwisata DIY memiliki paket wisata unik bagi wisatawan di Malioboro, yaitu Bregodo Adventure. Anda akan diajak untuk mengunjungi kampung-kampung bregodo atau prajurit Keraton Yogyakarta di sekitar Malioboro.


"Bregodo ikon prajurit keraton. Itu dimanifestasikan dalam prajurit kerakyatan, empat kelompok bregodo di sekitar Malioboro. Untuk lebih mengenal lagi terhadap kampung-kampung bregodo di Malioboro," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo, diwawancarai wartawan di salah satu hotel di Yogyakarta, Selasa (23/11/2021).


"Belajar bagaimana menabuh musiknya, belajar jalannya, punya pengalaman memakai seragam empat bregodo," imbuh dia.


Singgih menjelaskan, paket ini merupakan kelanjutan dari keberadaan Bregodo yang selama dua tahun terakhir ada di Malioboro. Keberadaan Bregodo yang semula sebagai guide bagi wisatawan berkembang saat pandemi untuk mengingatkan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) bagi wisatawan.


"Bregodo Advanture adalah melengkapi aktivitas bregodo yang ada di Malioboro ya yang sudah 2 tahun ini eksis untuk melakukan edukasi terhadap prokes sekaligus juga penguatan citra pariwisata berbasis budaya," katanya.



Petugas menggunakan seragam prajurit Keraton Yogyakarta saat bertugas menjaga kawasan wisata Jalan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (18/10/2020). Petugas keamanan di Maliboro atau yang sering disebut Jogoboro mengenakan seragam khusus yang kerap dikenakan prajurit atau bergada Keraton Yogyakarta, untuk menarik daya tarik wisatawan.

Paket wisata Bregodo Adventure, lanjut Singgih, saat ini masih terbatas. Keberadaannya hanya saat weekend hari Sabtu dan Minggu saja. Tapi, tak menutup kemungkinkan jika berkembang pada weekday.


"Untuk di Malioboro weekand, Sabtu dan Minggu. Karena responnya bagus ya dari wisatawan," jelasnya.


Paket Bregodo Adventure ini nantinya, wisatawan akan diajak berkeliling menggunakan sepeda untuk melihat aktivitas dari bregodo, mempelajari makna dan arti filosofis dari bregodo, dan wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan bregodo.


"Masing-masing empat tempat ini memiliki potensi kuliner dan craft," katanya.


Kampung Bregodo yang menjadi tempat kunjungan wisatawan ini, kata Singgih, berada di empat tempat yaitu Suryatmajan, Sosromenduran, Sosrowijayan, dan Ngampilan. Keempat tempat tersebut berada di sekitar Malioboro.


"Nah di masing-masing titik itu kita akan ada aktivitas seru. Tidak hanya ada storitelling, tapi ada bermain musik bersama, peserta juga akan belajar tata lampah, serta melihat produk UMKM setempat," katanya.



Sumber : travel.detik

PT Rifan Financindo

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
Post: Blog2_Post
bottom of page