top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Menjajal Sensasi Menjelajah Luar Angkasa Lewat VR | PT Rifan Financindo



PT Rifan Financindo - Pernah membayangkan bagaimana rasanya berada dan berjalan di luar angkasa? Game virtual reality (VR) ciptaan salah satu startup asal Australia ini menawarkan sensasi menjelajahi luar angkasa.


Opaque Media Group, startup yang berkantor di Melbourne, Australia, menciptakan game berjudul Earthlight. Di seri Spacewalk, pemain akan mendapat pengalaman bagaimana rasanya menjadi penjelajah luar angkasa.


detikINET bersama beberapa media lain yang diundang Kedubes Australia di Jakarta berkesepatan mengunjungi langsung studio Opaque. Kami disambut Manajer Studio Opaque Mitchell Manganaro.


Menjajal Sensasi Menjelajah Luar Angkasa Lewat VR Manajer studio Opaque Mitchell Manganaro. Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikINET



Mitchell awalnya mengenalkan sedikit sejarah mengenai Opaque. Seperti startup lainnya, Opaque merintis usaha mereka dari kecil.


"Dulu di studio ini 3 orang," ucap Mitchell. Kini, studio Opaque di Australia dihuni sekitar 10 orang. Opaque mempunyai cabang di beberapa negara seperti di Jerman, China, Amerika Serikat.


"Keseluruhan staf Opaque sekitar 20 orang," imbuhnya.


Kembali soal game menjelajah luar angkasa. Spacewalk merupakan game untuk PC yang dimainkan via VR.


Di game tersebut, player atau pemain akan melakukan banyak hal. Pertama-tama, player harus berjalan menuruni tangga pesawat luar angkasa, berjalan di ruang hampa, memotret benda-benda asing, memakai alat-alat seperti senter, naik-turun tangga dan sebagainya.


Menjajal Sensasi Menjelajah Luar Angkasa Lewat VR Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikINET



Dalam permainan, kita juga bisa melihat Bumi dari luar angkasa. Earthlight menawarkan pengalaman berbeda dari game-game VR lainnya. Aplikasi ini disebut mendapat perhatian dari NASA.


Spacewalk merupakan salah satu seri dari Earthlight. Opaque rencananya akan meluncurkan seri Earthlight lainnya. Disebutkan Mitchell, pembuatan game Earthlight Spacewalk membutuhkan waktu 5-6 bulan.


Selain game luar angkasa, Opaque pernah membuat semacam simulasi VR untuk membantu orang yang merawat penderita demensia hingga autisme. (rns/rns)


Sumber: inet.detik

PT Rifan Finiancindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page