top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Menkomifo Buka Suara soal PHK 100 Pegawai Bukalapak | PT Rifan Financindo




PT Rifan Financindo - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara angkat bicara menganai pemutusan hubungan kerja (PHK) pegawai Bukalapak. Dia bilang, ada sekitar 100 orang pegawai yang terkena.

Menurut Rudiantara, pegawai yang terkena PHK lantaran sudah tidak sejalan dengan strategi perusahaan. Apalagi, bisnis starup sangat dinamis. Sehingga, perusahaan harus menerapkan strategi baru sebagai penyesuaian.

Lebih lanjut Rudiantara mengungkapkan, Bukalapak pun ke depannya akan terus merekrut pegawai baru yang sesuai atau cocok dengan strategi perusahaan.

Berikut cerita lengkap Rudiantara soal PHK Bukalapak:


Rudiantara menilai jumlah pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan yang dilakukan Bukalapak yang juga salah satu Unicorn tanah air masih kecil.

Berdasarkan informasi yang didapatnya, Rudiantara bilang, Bukalapak akan melakukan PHK terhadap sekitar 100 orang dari jumlah pegawai sekitar 2.600 orang.

"Saya dikasih tahu ada 100 dari 2.600. Kecil itu dari dinamika bisnis start up yang perubahannya sangat cepat. Menurut saya ini hal yang wajar," kata Rudiantara di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Rudiantara menjelaskan, bisnis Bukalapak selama beroperasi sudah mengalami pertumbuhan bisnis tiga kali lipat. Sehingga pada saat itu terjadi penambahan jumlah pegawai ysng cukup tinggi.

Akan tetapi, bisnis sektor digital memiliki dinamika yang berbeda sehingga rencana penambahan pegawai di masa pertumbuhan tidak sejalan dengan strategi perusahaan. Sehingga terjadi PHK.


menganggap langkah Bukalapak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 100 pegawainya karena dinamika bisnis startup.

"Gini, ini kan bukan pabrik. Pabrik kan stabil. Start up kan dinamis bisa berubah, bisa berubah strateginya," kata Rudiantara di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Rudiantara menjelaskan, perusahaan berbasis digital seperti Bukalapak sudah mengalami pertumbuhan kinerja sebesar tiga kali lipat. Semasa pertumbuhannya tersebut maka terjadi perekrutan pegawai dalam jumlah besar.

Namun, seiring kondisi perekonomian Indonesia yang juga tidak lepas dari perkembangan global mau tidak mau membuat para startup kembali menyesuaikan strateginya. Sehingga, jika ada PHK maka hal wajar.

Menurut Rudiantara, hal itu merupakan bentuk penyesuaian strategi



Rudiantara mengungkapkan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan Bukalapak kepada sekitar 100 pegawainya bukan karena perusahaan mau tutup.

Rudiantara menjelaskan, PHK yang dilakukan Bukalapak sebagai bentuk penyesuaian strategi perusahaan terhadap dinamika bisnis startup.

"Dari dinamika bisnis startup yang perubahannya sangat cepat. Menurut saya ini hal yang wajar," kata Rudiantara di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Bahkan, dirinya mengkonfirmasi langsung kepada Founder Bukalapak yakni Ahmad Zaky mengenai penyebab adanya keputusan PHK.

"Kalau saya sih bicara dengan foundernya nggak (collaps)," jelasnya.

Menurut Rudiantara, PHK yang terjadi di Bukalapak hanya karena terjadi perubahan strategi bisnis. Sehingga dalam penyesuaian strategi diperlukan orang atau sosok yang cocok untuk menjalankannya.


Sumber: Finance.detik

PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page