top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Mobil-mobil Eropa Rayu Orang Indonesia | PT Rifan Financindo




PT Rifan Financindo - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 tidak hanya milik pabrikan Jepang. Ada juga merek mobil asal Benua Biru Eropa coba merayu masyarakat Indonesia dengan produk-produknya.

Tercatat ada beberapa merek mobil Eropa yang ambil bagian dalam pameran otomotif tahunan ini. Mereknya pun beragam mulai dari Audi, BMW, MINI, Mercedes-Benz, Renault, hingga Volkswagen hadir di memajang mobil andalannya di lantai GIIAS 2019.

Mobil apa saja yang menjadi senjata merek Eropa untuk menggoda masyarakat Indonesia? Berikut detikcom berikan daftarnya.


Agen pemegang merek Audi di Indonesia, Garuda Mataram Motor meluncurkan SUV sporty bergaya coupe terbaru untuk pasar Indonesia, Audi Q8.

Mobil ini menggendong mesin bensin V6 3.000 cc dengan tenaga maksimal 340 daya kuda dan torsi maksimal 500 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis Tiptronic 8 percepatan.

Dengan kombinasi mesin dan transmisi itu, Audi Q8 bisa berlari 0-100 km/jam dalam 5,9 detik. Kecepatan tertingginya tembus 250 km/jam.



Performa itu juga dipadu dengan teknologi Mild Hybrid (MHEV), yang mengintegrasikan baterai lithium-ion dan belt alternator starter menjadi sistem kelistrikan utama 48 volt.

Berkat teknologi hybrid ringan tersebut, mobil bisa melaju tanpa mesin menyala di antara kecepatan 55-160 km/jam. Saat deselerasi atau menurunkan kecepatan, sistem dapat mengumpulkan kembali energi hingga 12 kW. Hasilnya teknologi ini mampu memangkas konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter per 100 km.


Audi Q8 memiliki wajah baru dari keluarga SUV Q Audi. Grillenya menggunakan singlefranm berbentuk oktagonal dengan bingkai yang lebig tegas. Garis atap turun melandai ke bagian belakang khas sebuah coupe dan berakhir di pilar D.


Di dalam, kabin Q8 menyuguhkan desain interior yang mewah khas Audi. Tampilan panel berwarna hitam, bahkan hampir tampak seperti sebuah permukaan gelap saat mobil dimatikan.

Di balik setir, terdapat virtual cockpit berupa layar sebesar 12,3 inci khas Audi. Ini menjadi pusat informasi pusat bagi pengemudi. Mobil ini dijual mulai dari Rp 2.455.000.000 on the road.


BMW Group Indonesia meluncurkan tiga mobil sekaligus dalam perhelatan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019. Ketiga produk anyar BMW yang bisa diintip atau dipinang di Nusantara Hall di ICE BSD dari 18 hingga 28 Juli 2019.

Ketiga mobil ini meliputi All New BMW Seri 3, BMW Seri 5, dan terakhir adalah peluncuran mobil murni listrik pertama BMW i3s.

"Pada GIIAS tahun ini, kami merayakan beberapa peluncuran kendaraan penting BMW, visi kami terhadap mobilitas masa depan, serta pengenalan rangkaian layanan komprehensif untuk berikan Peace of Mind kepada pelanggan BMW," ujar Presiden Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyathan di arena GIIAS 2019, ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019).

Pertama All New BMW seri 3 (330i M Sport), Managing Director of BMW Group Asia, Christopher Wehner mengatakan bahwa mobil ini menjadi salah satu andalan BMW untuk memperkuat penjualan di pasar premium domestik. Mobil sedan mewah ini dibanderol Rp 979 juta (off the road).


"Sedan sporty ini telah menjadi wajah dari brand BMW dan duta dari sporty driving pleasure secara global di kelas premium ukuran sedang selama lebih dari 40 tahun. Kendaraan ini akan memperkuat posisi BMW secara keseluruhan di pasar domestik premium, terutama di segmen ukuran sedang," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Peluncuran model terbaru BMW berikutnya adalah BMW 520i yang ditawarkan dalam dua varian. Mobil yang dirakit secara lokal dibanderol Rp 1,059 miliar (off the road) dan New BMW 530i M Sport Rp 1,249 Miliar (off the road).


"Peluncuran sedan bisnis ini menunjukkan bahwa BMW Indonesia telah menyelaraskan feedback pelanggan selama dua tahun setelah peluncuran generasi ketujuh BMW seri 5 yang diproduksi secara lokal," kata Ramesh dalam sambutan.


Dan terakhir mobil murni listrik BMW i3s yang dibanderol Rp 1,4 miliar (off the road). New BMW i3s dilengkapi motor listrik 184 hp berkinerja tinggi yang menghasilkan torsi puncak 270 Nm. New BMW i3s hanya memerlukan 6.9 detik untuk melesat dari 100 km/jam dan mampu menempuh jarak hingga 280 km untuk sekali pengisian baterai.


Produsen mobil Inggris, MINI merayakan hari ulang tahun ke-60 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan menghadirkan MINI 60 Years Edition. Selain itu mobil ini juga dijual terbatas sesuai umurnya yaitu 60 unit untuk pasar Indonesia.

"Enam dekade setelah peluncuran mobil kompak dari Inggris yang menulis ulang sejarah di industri otomotif, kami sangat senang memulai perayaan MINI 60 Tahun di Indonesia dengan meluncurkan model edisi terbatas ini. Untuk Indonesia MINI ini dijual terbatas 60 unit saja" ujar Head of MINI Asia, Kidd Yam pada saat mempresentasikan mobil itu di Booth Mini Indonesia, ICE BSD, Tangerang.


Mobil ini menggabungkan nuansa klasik dan modern. Terdapat total 60 unit yang tersedia di Indonesia, baik dalam bentuk MINI 3 Door maupun MINI 5 Door.

Terdapat 3 pilihan MINI 60 Years Edition mulai dari MINI Cooper 3 Door 60 Years Edition dengan harga Rp 615.000.000, MINI Cooper S 3 Door 60 Years Edition Rp 785.000.000, dan MINI Cooper 5 Door 60 Years Edition Rp 645.000.000.


Dikarenakan unit yang terbatas, MINI Indonesia yakin semuanya akan ludes sebelum GIIAS 2019 berakhir pada tanggal 28 Juli 2019. "Dikarenakan ini terbatas dan penggemar sangat suka dengan edisi terbatas Mini, kami cukup yakin bisa habis selama GIIAS ini," kata BMW Group Indonesia Corporate Communications, Jodie O'tania dalam kesempatan yang sama.

Selain MINI 60 Years Edition, Mini Indonesia juga memberikan penawaran menarik, yaitu gratis biaya purna jual selama 60 bulan selama pembelian di GIIAS 2019.


Mercedes-Benz menghadirkan tiga model terbaru pada pameran kendaraan terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD, Tangerang.

Ketiga model baru ini adalah The new CLA Coupé, The new GLE SUV dan The new E 300 e plug-in hybrid.


"Dengan bangga kami mengumumkan peluncuran perdana new E 300 e EQ Power. Model hybrid plug-in Mercedes-Benz pertama di Indonesia ini menawarkan kenyamanan dan kemewahan dari E-Class dengan tambahan pada kehalusan dan efisiensi mesin," terang Presiden Direktur, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Choi Duk Jun.


Sedikit info Mercedes-Benz menghadirkan new CLA Coupé sebagai CLA 200 AMG Line. Mobil ini punya tampilan sporty di luar dan di dalam AMG Line dihadirkan pelek alloy AMG 18 inci, apron depan AMG, dan apron belakang AMG.


Tidak berhenti di situ AMG line juga terdapat pada panel samping, dengan tambahan jok sporty, lingkar kemudi multifungsi sporty berlapis kulit nappa, lis longitudinal-grain aluminium ringan atau microfibre DINAMICA hitam, dan juga dilengkapi lowered comfort suspension.


Sementara untuk tipe new GLE, hadir dengan konsep SUV dengan aerodinamika baru. Mobil ini punya angka Cd 0,29 (Drag coefficient). New GLE mengusung mesin bensin enam silinder terbaru dengan teknologi 48 volt dan EQ Boost.

Harga CLA 200 AMG Line dibanderol Rp 829.000.000 of the road. Sedang new GLE dibanderol Rp 1.799.000.000 of the road.


Di samping pengenalan model baru, Mercedes-Benz juga memulai penjualan Plug-in hybrid pertamanya di Indonesia, The new E 300 e EQ Power. New E 300 e EQ Power mengusung mesin bensin 2.0 liter turbocharged yang mampu menghasilkan 211 hp dan torsi 350 Nm dengan modul hybrid bertenaga listrik 122 hp dan torsi 440 Nm (gabungan kedua sistem menghasilkan output 700 Nm).


Konsumsi bahan bakar dapat mencapai 1,8 l/100 km pada kombinasi kedua sistem dengan standar EU-cycle dan emisi gas buang 41 g CO2/km. Kendaraan ini mampu melakukan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam 5,7 detik dan mencatat kecepatan tertinggi 250 km/jam.

Harga The new E 300 e EQ Power dibanderol di kisaran angka Rp 1.899.000.000.


PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) hadir dalam Gaikindo Indonesia International Motor Show menjagokan Renault Triber. Renault sendiri sebelum ajang GIIAS 2019 dibuka sudah terlebih dahulu merilis Triber.

Sayangnya hingga saat ini, Renault masih menyimpan rapat harga Triber di Indonesia. Triber bukan satu-satunya andalan Renault, ada juga Kwid Climber yang dirilis di pameran yang sama.


Selain Triber dan Kwid Climber, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) juga memiliki Duster versi otomatis.

Merek asal Prancis ini menampilkan tipe matik dari varian low SUV, Duster. Model ini dipasarkan dengan harga Rp 279 juta OTR Jakarta. Dan khusus di ajang GIIAS, harganya dipangkas jadi Rp 269 juta.


Tak ingin ketinggalan dengan pabrikan Jepang, secara mengejutkan Volkswagen mengumumkan rakitan lokal pertama mereka Tiguan Allspace atau Tiguan 7 penumpang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Tentu ini menjadi kabar gembira mengingat VW memang sudah cukup lama mengatakan akan memiliki pabrik sendiri di Indonesia.


"Tiguan ini merupakan produk terbaru kita dan ini hasil karya anak bangsa Indonesia. Sekarang Tiguan ini dirakit oleh orang Indonesia," ujar Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor (GMM), Andrew Nasuri, di GIIAS 2019.


Mobil Jerman yang dirakit di Indonesia ini memiliki banderol Rp 598 juta on the road.

Volkswagen Tiguan Allspace menggunakan platform MQB (Modular Transverse Matrix), dengan dimensi yang lebih besar, plus jarak sumbu roda 77 mm lebih panjang dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu Tiguan Allspace memiliki kabin yang lebih luas, dan memiliki kepraktisan istimewa yakni baris kedua dan ketiga jika dilipat memiliki desain yang sama datar.


Selain itu kapasitas bagasinya dikatakan mencapai 230 liter, sementara saat bangku baris ketiga dilipat, kapasitas bagasi bisa mencapai 700 liter. Saat baris ketiga dan kedua dilipat, maka bagasi akan bertambah menjadi 1.775 liter.

Selanjutnya pada bagian dashboard, semua tombol dan fitur tertata rapi dan dirancang untuk mempermudah jangkauan pengemudi. Selain itu layar digital seluas 12,3 inci dapat membantu pengendara untuk melihat data spesifik speedometer dan odometer yang lebih keren.


Soal tenaga penggerak, mobil ini memiliki mesin 1.4 TSI yang mampu menghasilkan tenaga puncak mencapai 150 bhp dan torsi 250 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan kopling ganda (DSG) plus triptonic. Mesin ini hanya butuh waktu 9,5 detik untuk bisa mencapai 0-100 km/jam, dan memiliki topspeed hingga 202 km/jam.

Volkswagen juga menawarkan berbagai fitur untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara, antara lain 3 zone climatronic AC, Cruise Control, kamera 360 derajat, park assist system, electronic parking brake dengan autohold, enam airbag, serta ISOFIX untuk penggunaan tempat duduk anak yang aman.


"Jadi mobil ini selama 5 tahun hanya perlu mengisi bensin saja, karena free service selama 5 tahun, akan kita take care seluruh kebutuhan mobil ini," ujar Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor, Jonas Chendana.

"Selain itu mobil ini sangat luar biasa, karena fitur mobil mewah ada di dalamnya. Tapi yang pasti Tiguan ini, jauh lebih panjang dan lebar dan secara keseluruhan ini salah satu SUV terbesar di kelasnya," tambahnya.


Sumber: Oto.detik

PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

留言


Post: Blog2_Post
bottom of page