top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Penyebab Kutu Putih Muncul pada Tanaman, Bisa Dibasmi Pakai Bawang Putih

Hama kutu putih selalu jadi musuh orang yang hobi menanam tanaman. Lantaran, kutu putih merupakan hama yang bisa merusak tanaman.

Kutu putih ternyata bisa dibasmi dengan bahan alami tanpa pestisida kimia. Yaitu dengan bawang putih.


Bagi yang tidak tahu, hama kutu putih juga bisa muncul karena kesalahan si pemilik tanaman. Misalnya, karena tanaman terlalu banyak terkena air atau pupuk.


Apalagi penyebab kutu putih muncul di tanaman, dan bagaimana cara membasmi kutu putih itu?


Berikut jawabannya dari jurnal UMSU


Penyebab Munculnya Kutu Putih Pada Tanaman

Over watering (terlalu banyak terkena air)

Memberi tanaman terlalu banyak air dapat menyebabkan kondisi tanah yang terlalu lembab dan kelembaban tinggi di sekitar tanaman. Hal ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi kutu putih untuk berkembang biak dan menyerang tanaman. Kelembaban berlebih juga dapat melemahkan tanaman, membuatnya lebih rentan terhadap serangan hama, termasuk kutu putih.


Pupuk berlebihan

Pemberian pupuk yang berlebihan dapat menyebabkan pertumbuhan yang tidak seimbang pada tanaman. Pupuk yang berlebihan terutama mengandung nitrogen yang tinggi dapat merangsang pertumbuhan vegetatif yang cepat dan mendorong pertumbuhan tunas muda yang lembut. Ini juga menjadi daya tarik bagi kutu putih, karena mereka cenderung menyerang bagian tanaman yang muda dan lembut.


Kondisi lingkungan yang menguntungkan

Kutu putih lebih cenderung berkembang biak dan menyerang tanaman jika kondisi lingkungan memenuhi persyaratan mereka. Suhu yang hangat, kelembaban tinggi, dan kurangnya ventilasi udara yang baik dapat menjadi faktor yang mendukung pertumbuhan populasi kutu putih.


Penularan melalui serangga vektor

Kutu putih dapat ditularkan melalui serangga vektor seperti semut atau lebah yang membawa telur atau individu dewasa kutu putih ke tanaman lain.


Pergerakan angin atau hama yang membawa kutu putih

Kutu putih dapat dibawa oleh angin atau hama lain yang terdapat pada tanaman yang terinfestasi, dan kemudian menyebar ke tanaman lain di sekitarnya.


Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat mengusir kutu putih. Haluskan beberapa siung bawang putih, tambahkan air, diamkan beberapa jam, lalu saring dan semprotkan larutan tersebut pada tanaman.


Sumber : Finance.detik

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Opmerkingen


Post: Blog2_Post
bottom of page