top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Penyu Mati di Pulau Pari, Pemprov DKI Sentil Bekasi-Lampung | PT Rifan Financindo




PT Rifan Financindo - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemprov DKI Jakarta menepis dugaan sampah yang berada di sekitar bangkai penyu yang ditemukan di perairan Pulau Pari, Kepulauan Seribu, berasal dari Jakarta. Sebab, selama ini pihaknya terus berupaya membersihkan wilayah perairan di Jakarta.

"Untuk sampah bisa saya pastikan tidak bersumber dari 13 sungai di Jakarta. Ada 4.000-an pasukan oranye UPK Badan Air yang bersihkan semua kali sungai waduk dan danau termasuk pesisir pantai. Bahkan di Kepulauan Seribu juga ada kapal kapal pembersih," kata Kepala DLH DKI Jakarta Isnawa Adji, kepada wartawan, Rabu (28/11/2018).

Isnawa menjelaskan, wilayah perairan Jakarta, khususnya di Kepulauan Seribu, seringkali mendapat kiriman sampah dari wilayah tetangga. Misalnya, dari perairan di dekat Bekasi, Tangerang, dan Lampung.

"Di Kepulauan Seribu kita sering mendapat kiriman sampah perairan baik dari perairan dekat Bekasi dan Tangerang termasuk Lampung, tergantung anginnya," ujarnya.


Selain itu, kata Isnawa, sampah juga seringkali berasal dari kapal-kapal yang lewat di wilayah perairan Kepulauan Seribu. Pihaknya pun telah memerintahkan Sudin LH dan Satpolair untuk menindak kapal-kapal yang 'nakal' itu.

"Kita akui juga masih ada yang buang sampah dari kapal kapal yang lewat dugaan pek atau minyak sering terjadi di kapal-kapal yang lewat. Terkadang ada istilah 'balast' atau aksi 'cuci' tank yang ferkadang dilakukan malam hari, musim hujan atau jauh dari pengawasan. Yang dibuang bisa ter, minyak atau sampah. Ini yang harus sudin LH dan satpolair tindak," tutur Isnawa.

Sebelumnya, seekor penyu ditemukan mati di perairan sekitar Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta. Lokasi bangkai penyu yang mengambang ditemukan tak jauh dari sampah-sampah plastik dan minyak yang mengapung.

Diyakini sampah tersebut tak berasal dari Kepulauan Seribu. Melainkan dari daratan Jakarta yang punya 13 sungai.

"Ini rata-rata sampah kiriman dari 13 sungai dari pesisir Jakarta. Kalau dari Kepulauan Seribu, kita sendiri sadar lingkungan, sampah kita sudah tertangani dengan baik," kata Ketua RT 01, Edi Mulyono (34).


Sumber: News.detik

PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page