top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Petani Miskin Jadi Kaya Raya Berkat Kentang Goreng | PT Rifan Financindo



PT Rifan Financindo - Pernah makan kentang goreng di restoran cepat saji, McDonald? Jika iya, tahukah anda orang yang membuat kentang goreng itu untuk pertama kali?


Ialah John Simplot, ia merupakan salah satu miliuner yang dulunya seorang petani miskin. Simplot kecil tinggal di sebuah rumah kayu berlantai tanah. Ia juga hanya mengenyam pendidikan hingga usianya 14 tahun.


Namun, dewi fortuna berpihak padanya. Ia memiliki usaha kentang goreng dan memasok untuk McDonald. Hingga kini resep kentang goreng tersebut masih ada di seluruh outlet McDonalds di seluruh dunia.


Pada 2007, Simplot sempat menduduki posisi orang terkaya nomor 89 di Amerika Serikat (AS) versi majalah Forbes.


Kentang goreng lah yang membawanya menjadi orang terkaya. Awalnya, Simplot hanyalah petani kentang biasa. Namun saat perang dunia kedua, ia diminta untuk memasok kentang dan sayuran kering untuk konsumsi tentara AS saat perang.


Mengutip Nytimes dari sinilah Simplot mulai berkembang. Untuk memudahkan budi daya, Simplot melakukan penambangan fosfat untuk pupuk tanamannya. Kemudian ia mengirimkan kentang dalam kotak yang terbuat dari kayu yang ia susun sendiri.


Sisa kentang yang tidak dikirimkan, ia gunakan untuk pakan ternak. Hal ini menjadikan ia lebih hemat dan efisien dalam pengeluaran. Kerja samanya dengan McDonald dimulai pada 1960. Saat itu ia langsung bersepakat untuk memproduksi kentang beku hanya untuk McDonald.


Simplot lahir pada 4 Januari 1909 di Dubuque, Iowa. Ia bukan terlahir dari keluarga yang kaya. Saat usia 14 tahun ia pergi dari rumah, karena sang ayah tak mengizinkan dirinya untuk menonton pertandingan sepak bola.


Namun sang ibu membekalinya uang sebesar US$ 20 dan koin emas untuk biaya akomodasi Simplot. Uang-uang tersebut digunakan sebaik mungkin. Simplot juga mulai menggunakan uang tersebut untuk berbisnis mulai dari membeli dan menjual senapan, babi, kulit binatang hingga makanan. Dari uang bekal ibunya, Simplot berhasil mengantongi keuntungan lebih dari US$ 7.000.


Ini menjadi modal awal untuk Simplot. Ia menggunakan hasil laba nya untuk membeli mesin pertanian, kuda dan bibit kentang. Kemudian ia juga membeli mesin penyortir kentang untuk mempermudah usahanya.


Dalam satu dekade, nama Simplot melesat menjadi pemasok kentang terbesar di bagian barat AS dengan total gudang 33 unit di Oregon dan Idaho.


Selain kentang, Simplot juga melebarkan sayap ke bisnis pupuk, minyak, pakan ternak, benih, sapi potong hingga resort dan ia juga berinvestasi sebesar US$ 1 juta untuk produsen utama chip memori komputer bernama Micron Technology. Simplot sempat menikah dengan seorang wanita bernama Ruby Rosevear, namun berakhir dengan perceraian. Ia dikaruniai anak yang diberi nama Richard, namun Richard meninggal pada 1993.


Kemudian Simplot menikah lagi dengan wanita bernama Esther Becker dan dikaruniai dua anak bernama Don dan Scott. Dalam berteman, Simplot bergaul dengan selebriti dan negarawan seperti Ernest Hemingway dan W. Averell Harrimar.


Sumber: finance.detik

PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comentários


Post: Blog2_Post
bottom of page