top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

PMN Rp 3,2 Triliun KAI Cair, buat Tambal Bolong Proyek Kereta Cepat | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI resmi mendapat penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 3,2 triliun. Suntikan modal diberikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 62 Tahun 2022.

Beleid tersebut diteken Presiden Joko Widodo pada 31 Desember 2022. PMN diberikan kepada KAI dari APBN tahun 2022.


"Penambahan penyertaan modal negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022 sebagaimana ditetapkan kembali dalam Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022," bunyi pasal 2 ayat 1 dalam PP 62 tahun 2022 dikutip detikcom, Senin (2/1/2023).


Dalam catatan detikcom, PMN untuk KAI diberikan dalam rangka menambah modal untuk bengkak biaya atau cost overrun proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.


Berdasarkan hitungan BPKP, bengkak biaya kereta cepat senilai US$ 1,4 miliar atau sekitar Rp 21,8 triliun. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bengkak biaya itu dipenuhi melalui dengan menyetor modal tambahan ke PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan juga mengambil pinjaman dari China Development Bank (CDB).


Totalnya, 25% bengkak biaya akan disetor ke KCIC. Konsorsium Indonesia dalam KCIC menyetorkan Rp 3,2 triliun dan konsorsium China Rp 2,1 triliun. Sisa bengkak biaya sebesar 75% atau Rp 16 triliun lebih akan dibayar lewat pinjaman dari China Development Bank (CDB).


"Saat ini kami sedang mengisi porsi 75%-nya pinjaman dari CBD yang sedang negosiasi untuk struktur penjaminan dari Kementerian Keuangan," kata pria yang akrab disapa Tiko itu dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (23/11/2022).


PT KAI sendiri menjadi pimpinan konsorsium Indonesia di KCIC, yakni PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI). PSBI memegang 60% saham pada KCIC, sisanya merupakan kepemilikan konsorsium China Beijing Yawan. Maka dari itu, PMN yang digunakan untuk menambal biaya bengkak kereta cepat diberikan pemerintah lewat PT KAI.



Sumber : Finance.detik

PT Rifan Financindo

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comentarios


Post: Blog2_Post
bottom of page