top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Serba-serbi Jokowi Jadi yang Pertama Divaksinasi 13 Januari | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan divaksinasi Corona pekan depan, persisnya tanggal 13 Januari 2021. Berikut sederet serba-serbi soal rencana vaksinasi tersebut.


Seperti diketahui, Jokowi sebelumnya sudah menyatakan dia akan divaksinasi pertama kali. Jadwal vaksinasi Jokowi itu diungkap oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.


"Penyuntikan pertama akan dilakukan pada Rabu depan (13/1) di Jakarta oleh Bapak Presiden," ujar BGS dalam keterangan tertulis dari Puspen Kemendagri, Selasa (5/1/2021).



Hal ini disampaikan BGS dalam rapat koordinasi Kesiapan Vaksinasi COVID-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat. Mengenai vaksinasi COVID-19, BGS berharap kepala daerah turun untuk melihat proses vaksinasi yang dilakukan kepada tenaga kesehatan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

"Kemudian pada saat penyuntikan tenaga kesehatan, tolong kepala daerah, Bapak/Ibu Gubernur, turun untuk membangkitkan confidence ke masyarakat," ujar BGS.


Pihak Istana pun menyatakan bahwa jenis vaksin yang akan disuntikkan ke Presiden Jokowi adalah vaksin Sinovac. Penyuntikkan itu sendiri masih menunggu emergency use of authorization (EUA) dari BPOM.


Jokowi Disuntik Vaksin Sinovac

Pihak Istana pun menyatakan bahwa jenis vaksin yang akan disuntikkan ke Presiden Jokowi adalah vaksin Sinovac. "Iya Sinovac," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dimintai konfirmasi, Selasa (5/1/2021).



Penyuntikan vaksin rencananya akan dilakukan perdana pada 13 Januari 2021, diikuti secara serentak di 34 provinsi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan partisipasi tenaga kesehatan dan publik dalam program vaksinasi gratis bertahap, yang diawali oleh tiga kelompok, yakni kelompok pejabat publik pusat dan daerah, pengurus asosiasi profesi tenaga kesehatan dan key leader kesehatan daerah, serta tokoh agama daerah.


"Arahan Bapak Presiden jelas, akan dilakukan secara serentak, diawali di pusat, kemudian dilanjutkan di daerah, melibatkan tokoh masyarakat dan kalau ada tokoh kesehatan atau figur dokter yang berpengaruh, misalnya, untuk diikutsertakan," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, sebelumnya.


Disiarkan Langsung

Rencananya, saat Jokowi divaksinasi COVID-19, akan disiarkan secara langsung. Setelah itu, vaksinasi COVID-19 dilangsungkan serentak di 34 provinsi di Indonesia.



"Iya. Biar masyarakat bisa lihat langsung, memberikan semangat bisa dilanjutkan ke daerah daerah juga. Minimal provinsi, kota-kota besar juga ikut melanjutkan," ujar Heru.


Pihak Istana Kepresidenan akan menyusun protokol pelaksanaan vaksinasi COVID-19 saat Jokowi disuntik. Termasuk soal siapa saja yang mendampingi Jokowi saat divaksinasi.

"Tata cara prosesnya akan dibahas pada Jumat ini. Jadi siapa saja mungkin ada perwakilan yang lain dan prosesnya kan nggak sembarang langkah-langkahnya," ujar Heru.


Vaksinasi Dilakukan Setelah BPOM Terbitkan EUA

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyebut Presiden Jokowi akan divaksinasi jika sudah ada izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).



"Jadi pemerintah terus berpegang pada prinsip dan prosedur kesehatan yang berlaku. Penyuntikan vaksin di Indonesia akan dijalankan ketika emergency use of authorization (EUA) vaksin tersebut dikeluarkan Badan POM dan semuanya berdasarkan data scientific," kata jubir Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam jumpa pers yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/1/2021).


EUA merupakan izin yang dikeluarkan untuk penggunaan metode atau produk medis tertentu. Oleh sebab itu, atas dasar kerja medis yang ketat, Presiden Jokowi akan divaksinasi jika sudah ada izin dari BPOM.


"Bapak Presiden juga akan menerima vaksin jika vaksin sudah mendapatkan EUA dari Badan POM," ucap Wiku.


Satgas COVID-19 mendorong proses izin dari BPOM ini berjalan cepat. Sebab, vaksin Corona ini dapat bermanfaat kepada masyarakat luas untuk menanggulangi pandemi.

"Kami harapkan komitmen ini bisa secepatnya dilaksanakan agar kemudian masyarakat luas bisa menerima vaksin COVID-19," imbuhnya.


Sumber: news.detik

PT Rifan Financindo

2 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page