top of page
Search
  • Writer's pictureIT Yogya

Sinyal The Fed Pangkas Suku Bunga, Bagaimana Imbasnya ke Pasar Modal Indonesia?

Sebelumnya diberitakan, Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (the Fed) mempertahankan suku bunga pada pertemuan ketiga secara berturut-turut. The Fed memberikan sinyal paling jelas tren kenaikan suku bunga agresif mungkin telah selesai.


Kondisi tersebut meningkatkan spekulasi pasar mengenai serangkaian pemangkasan suku bunga pada tahun depan sebagai pelonggaran kebijakan di tengah ancaman merosotnya perekonomian AS.


Pengamat Pasar Modal, Lanjar Nafi mencermati sikap yang lebih dovish pada kebijakan moneter dalam konteks ini adalah suku bunga Amerika, menyebabkan penurunan minat akan USD secara global. Terlihat pada dolar indeks yang merosot dan menjadi sentimen positif dalam terapresiasinya secara signifikan nilai tukar rupiah terhadap USD.


"Tentu hal ini menjadi suatu hal yang positif untuk pasar modal. Selain itu Langkah the Fed juga akan membawa Langkah serupa untuk Bank Indonesia yakni memangkas suku bunga," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (14/12/2023).


Spekulasi arah suku bunga yang lebih rendah akan menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi dan para pelaku bisnis. Lanjar mengatakan pelaku bisnis atau usaha dapat mengembangkan bisnis lebih agresif dengan biaya bunga yang relatif lebih rendah.


"Imbas untuk pasar obligasi pun positif. Pemotongan suku bunga cenderung membuat obligasi yang ada lebih menarik, karena investor mencari imbal hasil yang lebih tinggi di tengah suku bunga yang lebih rendah," imbuh dia.


Economist CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, Wisnu Trihatmojo menilai suku bunga The Fed saat ini telah mencapai puncak dan akan mengalami tren turun pada paruh kedua 2024. Berangkat dari asumsi tersebut, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada 2024 diperkirakan sentuh level 7.960.


SUmber : liputan6

0 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Dibuka di Zona Merah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka pada level 7.349. Dikutip dari data RTI pada Kamis 22 Februari 2024 IHSG level...

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page